Kamis 27 Jun 2024 12:02 WIB

Film Trigger Warning Picu Kontroversi, Dituduh Rasis dan Islamofobia

Film Trigger Warning dibintangi Jessica Alba dan disutradarai Mouly Surya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Trigger Warning yang diperankan aktris Jessica Alba. Film karya sutradara Mouly Surya mendapat kritikan karena diduga mengandung unsur rasisme dan Islamofobia.
Foto:

Ada pula warganet juga menyerukan boikot film tersebut. Beberapa pengguna membandingkan adegan dalam film tersebut dengan video baru-baru ini dari Gaza yang merekam sebuah helikopter yang mengangkut tentara Israel dan menyelamatkan para sandera di dekat dermaga yang dibangun oleh AS yang dimaksudkan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke daerah kantong Palestina. Video tersebut telah mengundang kemarahan dan kekhawatiran yang meluas atas potensi penggunaannya dalam serangan mematikan tersebut. AS membantah tuduhan ini.

"Berbicara tentang dermaga, Netflix baru saja merilis sebuah film di mana pasukan komando Amerika menyamar sebagai relawan untuk melakukan sebuah operasi. Waktu yang tepat untuk boikot menurut saya," tulis pengguna X lainnya.

Menyusul serangan Israel ke Nuseirat, Program Pangan Dunia (WFP) PBB menghentikan sementara operasi pengiriman bantuannya melalui dermaga yang dibangun oleh AS di Gaza karena masalah keamanan. Beberapa pengguna media sosial juga mengatakan sorban yang dikenakan dalam film tersebut memiliki kemiripan dengan keffiyeh, hiasan kepala tradisional yang dikenakan oleh pria Arab, khususnya di padang pasir.

Sorban ini semakin populer sejak tahun lalu, dan baru-baru ini digunakan sebagai bentuk solidaritas dan untuk menunjukkan dukungan kepada warga Palestina di tengah perang Israel di Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 37.650 orang. Ribuan lainnya hilang dan diperkirakan tewas di bawah reruntuhan. Hingga berita ini ditulis Netflix belum memberikan tanggapan resmi mengenai film Trigger Warning tersebut.

Meski begitu, ada warganet yang "membela" film ini. "Pada protes filmnya rasis ke Arab, apa kabar orang Rusia yang di-framing jadi penjahat mulu di di kebanyakan film buatan Hollywood noh?", kata akun @elbew***.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement