Jumat 28 Jun 2024 11:03 WIB

Jadwal Sholat Hari Ini di Bandung: 28 Juni 2024

Sholat dalam agama Islam memegang peranan yang sangat penting.

Red: Muhammad Hafil
Melaksanakan sholat. (ilustrasi)
Foto: Republika.
Melaksanakan sholat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Sholat dalam agama Islam memegang peranan yang sangat penting dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Ibadah ini diwajibkan bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan berakal, serta merupakan bentuk ketaatan langsung kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Shalat itu tiang agama, barangsiapa yang menjaga shalat berarti dia menjaga agama, barangsiapa yang meninggalkannya maka dia meruntuhkan agama." (HR. Al-Baihaqi).

Pada tanggal 28 Juni 2024, umat Muslim di Bandung akan menjalani rutinitas ibadah sholat dengan penuh khidmat. Menunaikan sholat tepat waktu merupakan hal yang sangat dianjurkan. Adapun jadwal sholat di Bandung untuk hari ini adalah sebagai berikut:

- Shubuh: 04:39 WIB

- Dhuhur: 11:56 WIB

- Ashar: 15:17 WIB

- Maghrib: 17:48 WIB

- Isya: 19:02 WIB

Melaksanakan sholat pada awal waktu adalah sebuah keutamaan yang sangat besar. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa: 103).

Di dalam kitab Shahih Bukhari, diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat pada waktunya, kemudian berbakti kepada orang tua, dan kemudian jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari).

Jadwal sholat ini sangat membantu muslimin dan muslimat dalam menjalankan ibadah sholat secara tepat waktu. Dengan adanya jadwal yang teratur, diharapkan kaum muslimin dapat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadahnya dan dapat merasakan kehadiran Allah dalam setiap langkah kehidupannya.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan kekhusyukan dan keikhlasan, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan doa di waktu-waktu tertentu, terutama setelah sholat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah, membaca kitab Allah dan mempelajarinya bersama-sama, melainkan diturunkan kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikelilingi malaikat, dan Allah menyebut mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

Menjaga sholat dan melaksanakannya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan adalah wujud nyata ketaatan seorang mukmin kepada Sang Pencipta. Marilah kita selalu menjaga sholat, baik yang wajib maupun sunnah, agar mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT. Semoga kita selalu diberi kekuatan dan keistiqamahan untuk tetap berada di jalan-Nya.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement