Rabu 03 Jul 2024 23:15 WIB

Australia Juara Piala AFF U-16, Kalahkan Thailand Lewat Adu Penalti pada Partai Puncak

Australia menang 8-7 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain Australia (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Para pemain Australia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Australia akhirnya menjadi juara ASEAN U-16 Boy's Championship atau Piala AFF U-16 2024. Australia menang adu penalti 8-7 (1-1) atas Thailand dalam laga final di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) malam.

Australia kebobolan lebih dulu pada menit ke-33 setelah Malual Nichola membuat kesalahan. Saat mendapat operan dari rekannya kiper Jai Ajanovic, Malual justru terpeleset. Bola langsung diambil Poramet Laoongdi untuk menjebol gawang Ajanovic yang membuat Thailand memimpin 1-0.

Baca Juga

Namun Australia membalas tiga menit memasuki injury time. Tendangan keras Quinn MacNicol dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau kiper Thailand Supakorn Poonphoi. Bola meluncur deras ke gawang untuk membuat skor 1-1 yang bertahan hingga jeda.

Australia tampil lebih dominan pada babak kedua. Namun sejumlah peluang yang didapatkan gagal berbuah gol. Termasuk pada menit ke-76 saat Anthony Didulica menjebol gawang Thailand memaksimalkan umpan lambung dari Amlani Tatu. Namun VAR menyatakan Didulica handball terlebih dahulu.

Menit 87 Thailand memiliki peluang melalui Natthakit Phosri tetapi tendangan kerasnya di tepis Jai Ajanovic hanya menghasilkan sepak pojok. Hingga waktu 90+12 menit tak ada lagi gol tercipta. Laga langsung dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Thailand melepaskan tendangan pertama, Poramet yang diberi kepercayaan menjadi eksekutor pertama gagal menaklukkan Jai. Sebaliknya, Nicholas Alfaro yang penendang pertama Australia mampu mengecoh kiper Thailand. Skor 1-0 untuk Australia dalam tos-tosan ini.

Phuriphan penendang kedua Thailand sukses menyamakan skor 1-1. Quin menyiakan peluang untuk membuat timnya unggul setelah melepaskan tendangan melebar di sebelah kanan gawang Thailand.

Phanuphong eksekutor ketiga sukses menaklukkan Jai, yang dibalas Jay Maltz untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Penendang keempat Thailand adalah kiper Supakorn yang mampu membawa timnya unggul 3-2. Didulica sebagai algojo keempat menyamakan skor 3-3.

Thailand mempercayakan Natthakit sebagai eksekutor kelima yang berhasil mengemban, sementara di kubu Australia Anthony Aimes juga bisa mencetak gol. Penendang keenam Thailand diambil oleh Kittiphop yang membuat timnya unggul 5-4, tapi Pullella mampu menyamakan skor 5-5.

Penendang ketujuh Thailand Chaiwat juga mencetak gol meski bolanya sempat ditepis Jai, tapi tetap meluncur masuk. Tendangan tinggi ke arah tengah dari Garbowski ke gawang Thailand menyamakan skor 6-6.

Penendang kedelapan, Siwakorn membawa timnya unggul 7-6, tapi disamakan Kutlesi menjadu 7-7. Tendangan Chatchawat diblok Jai. Jayden yang menjadi penendang kesembilan akhirnya memastikan kemenangan Australia 8-7. Australia meraih gelar juara untuk ketiga kalinya di Piala AFF U-16. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement