Jumat 05 Jul 2024 22:59 WIB

Siapa yang akan Berperan Penting di Palestina Pascaperang Gaza? Ini Kata Hizbullah

Hizbullah sebut peran penting Hamas di Palestina

Red: Nashih Nashrullah
Pejuang Hamas, ilustrasi. Hizbullah sebut peran penting Hamas di Palestina
Pejuang Hamas, ilustrasi. Hizbullah sebut peran penting Hamas di Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT— Gerakan Palestina Hamas akan memainkan peran penting dalam arena perpolitikan Palestina bila kondisi perang telah berakhir di Jalur Gaza, kata Wakil Sekjen Hizbullah Naim Qassem kepada Sputnik dalam sebuah wawancara pada Jumat (5/7/2024).

"Ada pembicaraan tidak langsung yang dilakukan dengan gerakan tersebut, dan itulah sebabnya, setelah gencatan senjata, Hamas akan tegas berdiri di arena politik Palestina dan akan mendukung penerapan perjanjian gencatan senjata," kata Qassem dalam wawancara tersebut.

Baca Juga

Perlawanan Hamas terhadap Israel telah membawa Hamas dan sekutu-sekutunya menemui jalan buntu karena aksi militer yang sedang berlangsung di daerah kantong tersebut secara signifikan membatasi pilihan Israel untuk mengambil kendali atas Jalur Gaza pascaperang, kata pejabat tersebut.

"Israel tidak punya pilihan lain selain menerima persyaratan Hamas karena gerakan tersebut tidak akan menghentikan perlawanan kecuali (pasukan Israel) menghentikan penembakan dan agresi terhadap warga sipil… Untuk itu, prospek kesepakatan tetap menjadi yang paling memungkinkan hingga kini,” kata Qassem.

Sementara itu, Pemimpin kelompok pejuang Palestina Hamas, Ismail Haniyeh mengadakan pembicaraan dengan Qatar, Mesir, dan Turki untuk meninjau perkembangan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Dalam pernyataan yang dirilis Rabu (3/7/2024), Hamas mengatakan Haniyeh telah berkomunikasi dengan para mediator di Qatar dan Mesir mengenai ide-ide untuk mencapai kesepakatan yang akan mengakhiri agresi brutal Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

"Haniyeh juga berbicara dengan para pejabat di Turki mengenai perkembangan terkini," kata Hamas.

Israel telah menewaskan hampir 38 ribu warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak melancarkan serangan balasan terhadap Hamas pada 7 Oktober 2023. Serangan militer Israel telah menghancurkan daerah kantong pantai tersebut.

Para mediator menyampaikan tanggapan dari Hamas terhadap usulan yang mencakup pembebasan sandera yang ditahan di Gaza dan gencatan senjata di wilayah tersebut.

Israel sedang mengevaluasi...

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement