Sabtu 06 Jul 2024 05:52 WIB

Prancis Kalahkan Portugal Lewat Adu Penalti di Perempat Final Euro, Ambisi Ronaldo Sirna

Ronaldo gagal mencetak gol sepanjang Euro 2024.

Red: Israr Itah
Ekspresi kegembiraan bek Prancis William Saliba setelah berhasil memenangkan pertandingan perempat final Euro 2024 melawan Portugal di Hamburg, Jerman, Sabtu, 6 Juli 2024 dini hari WIB. Prancis memenangkan adu penalti dengan skor 5-3 setelah pertandingan berakhir imbang 0-0.
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Ekspresi kegembiraan bek Prancis William Saliba setelah berhasil memenangkan pertandingan perempat final Euro 2024 melawan Portugal di Hamburg, Jerman, Sabtu, 6 Juli 2024 dini hari WIB. Prancis memenangkan adu penalti dengan skor 5-3 setelah pertandingan berakhir imbang 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Prancis mengakhiri upaya Cristiano Ronaldo untuk memenangkan gelar di Kejuaraan Eropa terakhirnya dengan mengalahkan Portugal 5-3 lewat adu penalti di Volkparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Les Bleus lolos ke semifinal dan akan menghadapi Spanyol.

Pertandingan berakhir 0-0 setelah perpanjangan waktu, membuat laga harus dituntaskan lewat adu penaltu. Tendangan pemain pengganti Portugal Joao Felix membentur tiang gawang. Ini menjadi satu-satunya kegagalan dalam adu penalti dan Theo Hernández tidak menunjukkan tanda-tanda tekanan dengan mengonversi tendangan penentu ke sudut atas gawang.

Baca Juga

Ini Piala Eropa keenam dan terakhir bagi Ronaldo yang berusia 39 tahun, yang mencetak penalti pertama Portugal dalam adu penalti. CR7 akhirnya menghibur sesama veteran di timnas Portugal, Pepe, setelah bek berusia 41 tahun itu menangis di bahunya.

"Kami harus melalui momen kekalahan ini, yang sangat menyakitkan," kata Pepe.

Karier Ronaldo selama 20 tahun di ajang Euro termasuk gelar juara pada tahun 2016 saat Portugal mengalahkan Prancis di final. Masih harus dilihat apakah peraih penghargaan pemain terbaik dunia lima kali itu akan terus bermain untuk negaranya hingga Piala Dunia 2026, saat ia akan berusia 41 tahun.

Sepanjang Euro 2024, Ronaldo tak pernah mencetak gol lewat permainan terbuka. Ia menjebol gawang lawan hanya lewat adu penalti.

Kemenangan itu mengakhiri kekecewaan Kylian Mbappé dan Prancis dalam adu penalti, setelah kalah dalam adu penalti di dua turnamen besar terakhir mereka, yakni pada babak 16 besar Euro 2020 dan di final Piala Dunia 2022.

Mbappe tidak mengambil penalti dalam adu penalti, setelah digantikan setelah babak pertama perpanjangan waktu menyusul beberapa benturan di hidungnya yang patah yang ditutupi oleh masker pelindung.

Les Bleus tidak membutuhkan pemain bintang mereka, karena Ousmane Dembele, Youssouf Fofana, Jules Kounde, dan Bradley Barcola semuanya mencetak gol dalam adu penalti yang berlangsung di gawang depan tribun para penggemar Portugal. Gol kemenangan Hernández memicu kegembiraan bagi Prancis di dalam stadion di Hamburg.

"Itu tidak mudah," kata penjaga gawang Prancis Mike Maignan. "Kami tidak selalu bermain bagus, itu pertandingan yang rumit. Kami bermain dengan baik dalam bertahan."

"Kami sampai ke adu penalti dan tidak goyah. Kami bisa bangga dengan diri kami sendiri."

Prancis akan melawan Spanyol di semifinal setelah menang atas Jerman di Stuttgart melalui perpanjangan waktu. Les Bleus tetap berada di jalur yang tepat untuk meraih gelar Kejuaraan Eropa ketiga setelah 1984 dan 2000.

Tim asuhan Didier Deschamps telah mencapai semifinal meskipun tidak ada pemain Prancis yang mencetak gol dari permainan terbuka sejauh ini di turnamen tersebut.

Portugal tersingkir setelah gagal mencetak gol dalam dua pertandingan sistem gugurnya. Portugal sebelumnya mengalahkan Slovenia melalui adu penalti di babak 16 besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement