Ahad 14 Jul 2024 08:53 WIB

Trump Ditembak, Ini Kisah Bung Karno Lolos Tujuh Kali Upaya Pembunuhan

Bung Karno berkali-kali lolos dari upaya pembunuhan yang menyasar dirinya.

Red: Hasanul Rizqa
Presiden Sukarno menerima bendera pusaka.
Foto: Arsip Nasional
Presiden Sukarno menerima bendera pusaka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sukarno merupakan seorang proklamator Republik Indonesia dan sekaligus presiden pertama negara ini. Sejarah mencatat, pasca-Indonesia merdeka, sosok yang berjulukan "Putra Sang Fajar" ini menjadi kepala negara selama kurun waktu 17 tahun. Ia melalui pelbagai sistem pemerintahan, mulai dari presidensial, parlementer, hingga Demokrasi Terpimpin.

Masa kepemimpinan Bung Karno pun diwarnai pelbagai riak, termasuk upaya-upaya untuk mengakhiri nyawanya. Setidaknya, tokoh kelahiran Peneleh, Surabaya, ini lolos dari tujuh kali operasi pembunuhan yang menarget dirinya. Beberapa pihak ada di balik itu, termasuk badan intelejen Amerika Serikat (AS), yakni CIA.

Baca Juga

Kejadian di Cikini

Pada 30 November 1957, presiden Sukarno sedang menghadiri acara peringatan hari lahir Sekolah Perguruan Cikini (Percik), Jakarta. Di sekolah itu, kedua anaknya yakni Guntur Soekarnoputra dan Megawati Soekarnoputri menempuh pendidikan.

Saat Bung Karno dan rombongan akan meninggalkan kompleks Percik Jakarta, tiba-tiba ledakan keras terdengar. Belakangan diketahui, tiga buah granat sengaja dilemparkan ke arah RI-1 itu. Untungnya, sang kepala negara lolos dari upaya pembunuhan yang dilakukan pelempar granat-granat ini. Para pengawal presiden dengan sigap melakukan tugas.

Tercatat, sembilan orang tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut. Aparat berhasil menangkap tiga orang pelaku pelemparan granat. Mereka diketahui merupakan para pendukung Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII).

Kasus Daniel Maukar

Daniel Alexander Maukar (20 April 1932 – 16 April 2007) adalah seorang pilot Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI). Namanya melejit sejak dirinya--masih berpangkat letnan--mengemudikan pesawat Mig-17 di atas Istana Presiden, Jakarta, pada siang hari tanggal 9 Maret 1960. Tidak hanya itu, prajurit ini bahkan nekat menembaki gedung penting tersebut dengan kanon 23 mm.

Akibatnya, kerusakan terjadi pada beberapa bagian Istana Presiden. Bahkan, pecahan puing juga menyambar hingga dekat ruang kerja presiden Sukarno. Untungnya, Bung Karno saat peristiwa itu terjadi sedang memimpin rapat di gedung sebelah Istana.

Daniel Maukar sempat pula berupaya menembaki kilang minyak di Tanjung Priok, Jakarta, walau meleset. Kemudian, ia hendak mendarat di suatu daerah di Garut, Jawa Barat, yang saat itu masih dikuasai para pemberontak DI/TII.

Namun, bahan bakar pesawat yang dikemudikannya keburu habis. Ia pun mendarat darurat di Leles. Tak butuh waktu lama, Daniel Maukar pun ditangkap.

Motifnya melakukan aksi nekat itu simpang siur. Konon karena dirinya letnan AU ini telah dipengaruhi Permesta, gerakan militer yang anti-Sukarno. Sempat dijatuhi vonis hukuman mati, Daniel Maukar mendapatkan grasi dari Bung Karno pada 1964. Pada Maret 1968, ia bebas saat era pemerintahan presiden Soeharto.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement