Selasa 16 Jul 2024 21:45 WIB

Berbagi dengan Anak Yatim di Bulan Muharram

Agenda santunan ini sebagai bagian menjemput berkah bulan muharram.

Red: Muhammad Hafil
Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara (RN) menyalurkan santunan untuk anak yatim piatu di kantor RN, Cipinang, Jakarta. Selasa, 16 Juli 2024.
Foto: Dok Republika
Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara (RN) menyalurkan santunan untuk anak yatim piatu di kantor RN, Cipinang, Jakarta. Selasa, 16 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - - Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara (RN) menyalurkan santunan untuk anak yatim piatu di kantor RN, Cipinang, Jakarta. Selasa, 16 Juli 2024.

Pemberian santunan ini untuk memperingati 10 Muharram yang diyakini sebagai waktu yang baik untuk menyantuni anak-anak yatim piatu. Dalam momentum ini, Puluhan anak diberikan santunan yang juga dihadiri oleh seluruh pengurus Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara.

Baca Juga

Ketua umum Rampai Nusantara Mardiansyah Semar mengatakan selain memperingati bulan muharam, santunan anak yatim juga sebagi bentuk kepedulian atas sesama khususnya bagi yatim piatu.

"Agenda santunan ini sebagai bagian menjemput berkah bulan muharam, selain itu sebagai umat muslim ada tanggung jawab lain yang tidak kalah penting untuk menunjukan kepedulian terhadap sesama terkhusus anak-anak yatim," ujar Semar Mardiansyah.

Menurut Semar, agenda santunan yatim piatu akan menjadi agenda rutin setiap bulannya walau sebenarnya kegiatan ini sudah dilakukan pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Ramadhan dan Muharram.

"Insya Allah ini sebagai agenda rutin kami setiap bulan akan kita adakan yang biasanya kami lakukan di bulan suci Ramadhan dan bulan muharram, semoga kami bisa istikomah" tambahnya.

Ia juga mengajak pengurus Rampai Nusantara di wilayah untuk melakukan hal yang sama di daerah masing-masing.

"Pengurus RN di daerah juga kami dorong melakukan hal yang sama, membangun kepedulian kepada anak-anak yatim khususnya yang berada di lingkungan sekitar atau terdekat dengan kantor mereka," pungkasnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ
(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!

(QS. Al-Baqarah ayat 197)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement