Rabu 17 Jul 2024 17:02 WIB

Sering Digunakan Pengguna Apple, Apa Itu iMessage?

IMessage telah menjadi salah satu layanan pesan instan paling populer di dunia.

Rep: Mgrol152/ Red: Qommarria Rostanti
iMessage (ilustrasi). IMessage telah menjadi salah satu layanan pesan instan paling populer di dunia
Foto: Digitalspy
iMessage (ilustrasi). IMessage telah menjadi salah satu layanan pesan instan paling populer di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 1 triliun orang menggunakan iPhone per 2023. Fitur iMessage kerap dipakai pengguna Apple untuk berkomunikasi.

Sesama pengguna Apple biasanya berkomunikasi melalui iMessage. Apa itu iMessage? Dilansir laman Apple Support, iMessage adalah layanan perpesanan aman yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan di app Pesan di iPhone, iPad, Mac, atau Apple Watch.

Baca Juga

Jika seseorang mengirim pesan ke alamat email atau nomor telepon Anda menggunakan iMessage, Anda akan menerima pesan tersebut di semua perangkat Apple yang diatur untuk menerima pesan yang dikirim ke alamat email atau nomor telepon tersebut. Saat melihat percakapan iMessage, Anda melihat semua pesan yang dikirim dari perangkat apa pun, sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan orang lain di mana pun Anda berada.

Anda memerlukan ID Apple untuk menggunakan beberapa fitur iMessage. Jika Anda telah melakukan pembelian dari iTunes Store atau App Store atau masuk ke iCloud, Anda memiliki ID Apple. Pesan-pesan ini selalu dienkripsi dan muncul dalam gelembung teks berwarna biru. Untuk menyalakan atau mematikan iMessage, buka Pengaturan > Pesan.

Melalui iMessage, teks yang Anda kirim dan terima menggunakan iMessage tidak diperhitungkan dalam jatah SMS/MMS dalam paket pesan seluler Anda, namun tarif data seluler mungkin berlaku. Saat Anda berkomunikasi dengan orang lain yang juga menggunakan iMessage di perangkat Apple, teks akan muncul dalam gelembung biru. (Pesan SMS/MMS muncul dalam gelembung hijau).

IMessage telah menjadi salah satu layanan pesan instan paling populer di dunia, terutama di kalangan pengguna Apple. Layanan ini menawarkan cara yang mudah dan menyenangkan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, dan terus berkembang dengan fitur-fitur baru yang inovatif.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan iMessage:

Kelebihan:

-Gratis dan mudah digunakan

-Tersedia di berbagai perangkat Apple

-Menawarkan banyak fitur menarik

-Kualitas pesan yang tinggi

-Privasi dan keamanan yang terjamin

Kekurangan:

-Hanya tersedia untuk pengguna Apple

-Tidak kompatibel dengan platform lain

-Membutuhkan koneksi internet untuk digunakan

-Beberapa fitur mungkin tidak tersedia di semua negara

Jangan khawatir dengan keamanan menggunakan iMessage. Untuk keamanan, pesan yang dikirim menggunakan iMessage dienkripsi dari ujung ke ujung sebelum dikirim, dan Anda juga dapat menggunakan Verifikasi Kunci Kontak. Selain itu, saat Anda menggunakan iMessage, Anda juga dapat melaporkan spam atau pesan sampah ke Apple.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement