Kamis 18 Jul 2024 08:49 WIB

Gus Ipul Ultimatum Lima Kader NU yang ke Israel Mundur atau Diberhentikan

Keberangkatan lima kader NU untuk menciptakan perdamaian antara Israel dan Hamas.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.
Foto: Dok Pemkot Pasuruan
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mendesak lima kader NU yang sempat menemui Presiden Israel Isaac Herzog di Tel Aviv, beberapa waktu lalu, segera memilih antara mengundurkan diri atau diberhentikan dari kepengurusan NU.

Baca Juga

"Pilihannya mengundurkan diri atau dimundurkan dari organisasi. Jadi, saya minta mereka segera memilih," kata Gus Ipul dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Menurut dia, pemberhentian kelima orang dari kepengurusan di lingkungan NU bisa dipertimbangkan sebagai pembelajaran. Tujuannya agar kelak tidak ada lagi kejadian serupa.

"PBNU meminta kepada lembaga dan badan otonom tempat bersangkutan mengabdi untuk mengambil tindakan atas pelanggaran tersebut dengan dua pilihan mengundurkan diri atau diberhentikan," kata Gus Ipul.

Sejauh ini, kata Gus Ipul, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya telah memanggil satu dari lima orang kader NU itu. Sementara empat orang lainnya telah dipanggil oleh para ketua lembaga dan badan otonom tempat mereka menjadi pengurus.

"Satu orang telah dimintai keterangan oleh ketum langsung dan sisanya sudah dimintai keterangan oleh ketua lembaga masing-masing," kata wali kota Pasuruan tersebut.

Gus Ipul menyampaikan, dari hasil tabayun yang dilakukan sebelumnya, diketahui kepergian lima orang kader itu ke Israel atas nama pribadi dan sama sekali tidak mewakili lembaga. Keberangkatan mereka ke Israel dibiayai oleh sebuah LSM yang dalam undangannya tertera agenda dialog antariman, tidak ada jadwal untuk bertemu Presiden Israel.

Mereka beralasan bahwa keberangkatan itu bertujuan untuk turut serta menciptakan perdamaian antara Israel dan Hamas. Terkait tindakan tersebut, kata Gus Ipul, lima kader NU itu telah mengaku salah. Meskipun begitu, kepergian mereka tetap melanggar ketentuan NU.

"Meski mereka telah meminta maaf karena pergi tanpa izin dan pemberitahuan, tapi kepergian ini melanggar ketentuan, apalagi kerja sama atau komitmen kerja sama dengan pihak luar negeri harus seizin PBNU," ujar Gus Ipul.

Baca: PT PAL Siapkan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 untuk Misi ke Gaza 

Sebanyak lima orang Nahdliyin bertemu Presiden Israel Isaac Herzog dan foto mereka viral di media sosial. Kelima orang tersebut berasal dari sejumlah lembaga di bawah naungan PBNU, seperti Fatayat NU, Pengurus Pusat (PP) Pagar Nusa NU, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia), dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement