Kamis 18 Jul 2024 08:49 WIB

Lansia dan Dhuafa Terima Kebaikan Warung Padang Payakumbuah bersama Dompet Dhuafa

Payakumbuah melalui Dompet Dhuafa menyalurkan 1.000 paket sembako.

Red: Friska Yolandha
Payakumbuah melalui Dompet Dhuafa menyalurkan 1000 paket sembako dalam 2 Tahun Padang Payakumbuah, Berbagi Kebahagiaan, bingkisan terbaik ini dibagikan kepada anak yatim, lansia dan dhuafa.
Foto: dok Republika
Payakumbuah melalui Dompet Dhuafa menyalurkan 1000 paket sembako dalam 2 Tahun Padang Payakumbuah, Berbagi Kebahagiaan, bingkisan terbaik ini dibagikan kepada anak yatim, lansia dan dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Salah satu cara terbaik untuk mensyukuri pertambahan usia adalah dengan menjadi insan yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan bertambahnya usia, kita diharapkan semakin bijaksana dan mampu berkontribusi positif dalam kehidupan orang lain.

Menjadi lebih bermanfaat bukan hanya tentang membantu secara fisik, tetapi juga memberikan dukungan moral, pengetahuan, dan inspirasi bagi mereka yang membutuhkan. Inilah esensi sejati dari sebuah pertumbuhan, yaitu bagaimana kita bisa menjadi lebih berarti bagi sesama. Hal itu pula yang dilakukan oleh Payakumbuah (PT Makan Padang Pakai Tangan) pada Ahad, (14/7/2024) lalu yang genap berusia dua tahun.

Baca Juga

Meski usianya masih tergolong belia, Payakumbuah berupaya melakukan langkah konkret sebagai wujud kepedulian untuk bersama-sama menjawab kebutuhan masyarakat. Sebagai perwujudan rasa syukurnya, Payakumbuah melalui Dompet Dhuafa menyalurkan 1.000 paket sembako dalam “2 Tahun Padang Payakumbuah, Berbagi Kebahagiaan”, bingkisan terbaik ini dibagikan kepada anak yatim, lansia dan dhuafa.

Restoran Rumah Makan Padang milik Public Figure, Arief Muhammad tersebut sudah didirikan selama dua tahun, sejak bulan Juli tahun 2022 dan sudah berkembang hingga memiliki 14 cabang di Jabodetabek, Semarang, Surabaya. Dalam usianya yang kedua tahun Payakumbuah telah membuka lapangan pekerjaan sebanyak kurang lebih 1000 orang pada Jumat (12/7/2024) di Zona Madinah, Parung, Bogor.

“Visi misi dari Payakumbuah itu kita tidak berorientasi pada profit saja, tapi gimana caranya Payakumbuah ini bisa bermanfaat buat orang banyak, jadi visi yang pertama adalah kita ingin memperkenalkan atau memperluas masakan padang ini ke seluruh Indonesia hingga Go Internasional, karena seperti yang kita ketahui rendang pernah menjadi masakan nomor satu di dunia, makanya spirit itu yang terus kita bawa di visi misi perusahaan,” ujar Redinal Rizki Yudaswara, CEO Payakumbuah.

Mengusung konsep Berbagi Kebahagiaan, Payakumbuah memahami bahwa berbagi tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga melalui berbagai kontribusi lainnya. Salah satunya adalah dengan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Meskipun mereka adalah sebuah perusahaan, Payakumbuah berkomitmen untuk melakukan kegiatan sosial yang berdampak positif dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Hari ini adalah rangkaian kegiatan untuk merayakan ulang tahun Payakumbuah yang ke dua tahun, jadi konsep yang sekarang itu kita ingin berbagi ke masyarakat yang lebih luas, Payakumbuah memiliki visi misi bermanfaat untuk orang banyak, bisa membuka lapangan pekerjaan, disisi lain juga kita pengen mengadakan acara sosial dan kita bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, jadi memang Dompet Dhuafa ini punya kredibilitas dan integritas yang cukup baik dalam rangka mengelola dana zakat, karena kita yakin Dompet Dhuafa ini bisa memberikan atau mendistribusikan bantuan atau zakat ini secara amanah,” tambah Redinal.

Alhamdulillah, berbagi kebahagiaan itu langsung dirasakan oleh Nesan (70) seorang lansia sebagai marbot Masjid Al Istiqomah, Bogor. Menurut lelaki paruh baya itu, adanya pembagian sembako ini sangat bermanfaat bagi ia dan istrinya, Nesan yang kini hanya tinggal berdua bersama sang Istri mengaku tidak pernah menyangka akan mendapat bantuan dari Payakumbuah dan Dompet Dhuafa.

“Saya mengucapkan Alhamdulillah puji syukur kepada Allah, seneng banget Alhamdulillah, saya menerimanya seneng banget bisa membantu dan bermanfaat kepada keluarga saya, istri saya pasti senang banget ini. Bisa membantu kehidupan saya sehari-hari, saya mau mengucapkan terima kasih kepada Warung Padang Payakumbuah,” ungkapnya sumringah.

Lain halnya dengan Nesan, kebahagiaan itu pun dirasakan Indah (47) seorang penjual bakso dan mie ayam di Teras Madina. menurutnya sembako ini akan ia gunakan untuk berjualan.

“Saya bersyukur aja dapet bantuan ini bisa dipergunakan buat dagang juga, ada minyak, gula, kecap dan beras lumayan buat dagang. Terima kasih banyak buat Payakumbuah, terima kasih banyak sembakonya jadi bisa dimanfaatkan buat usaha saya, kedepannya buat Payakumbuah bair semakin sukses, semakin jaya dan semakin terbaik,” imbuh Indah.

Sebelumnya di hari yang sama, Payakumbuah juga menyalurkan paket sembako di Bumi Pengembangan Insani kepada anak-anak dari program pendidikan Dompet Dhuafa, yakni Smart Ekselensia Indonesia. Kebahagiaan turut menyertai mereka di penghujung waktu liburan ini.

Dompet Dhuafa tentu menyambut baik kolaborasi dengan Payakumbuah yang telah menjadikan Dompet Dhuafa jembatan dalam kebaikan. Menurut Ahmad Faqih Syarafadin, General Manager Resource and Mobilization Dompet Dhuafa, Payakumbuah sebagai perusahaan yang berbagi menanamkan spiritual value dalam bisnisnya. Mereka tidak hanya mencari keuntungan semata, tetapi juga berkomitmen untuk berbagi manfaat dengan orang lain. Dalam rangka ulang tahun kedua mereka, Warung Padang Payakumbuah ingin menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah pada hari ini Jumat, (12/7/2024) telah terlaksana program kerjasama antara Dompet Dhuafa dengan Warung Padang Payakumbuah untuk program pembagian 1000 paket sembako kepada Yatim, Lansia dan Dhuafa. Tadi terlaksana di Aula Masjid Al MAdinah, Zona Madinah untuk kegiatan tersebut. Kami tentu berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Keluarga Besar Warung Padang Payakumbuah atas kerjasama ini, semoga kedepannya semakin banyak program yang bisa dikolaborasikan antar Dompet Dhuafa dengan Payakumbuah untuk menelurkan program-program bernas, masterpiece dan berdampak luas. Kami juga mengucapkan selamat ulang tahun yang kedua untuk Warung padang Payakumbuah, semoga makin sukses, berkah dan selalu bermanfaat untuk orang lain,” ucap Ahmad Faqih.

Warung Padang Payakumbuah menunjukkan kepeduliannya melalui program “Berbagi Bingkisan Terbaik di Bulan Muharram.” Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat merayakan tahun baru Muharram 1446 H dengan penuh kegembiraan dan semangat.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement