REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II memastikan sistem teknologi dan informasi (TI) di 20 bandara berjalan dengan normal. Pgs SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro mengatakan sistem TI di seluruh bandara perseroan berfungsi dengan baik dalam melayani operasional penerbangan dan penumpang pesawat.
"Sistem TI milik AP II di 20 bandara AP II berjalan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang pesawat," ujar Cin saat dihubungi Republika di Jakarta, Jumat (19/7/2024).
Cin menyampaikan gangguan sistem TI yang tengah terjadi di sejumlah negara, saat ini juga dialami sistem TI milik beberapa maskapai. Cin mengatakan AP II bersama maskapai terkait telah menjalankan sejumlah penyesuaian dalam memproses keberangkatan penumpang pesawat.
"Selama terjadi gangguan sistem TI beberapa maskapai ini, proses check in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan dengan manual oleh personel maskapai, khusus bagi maskapai yang mengalami gangguan sistem TI," ucap Cin.
Cin mengatakan AP II selaku pengelola bandara menambah personel aviation security (Avsec) dan menyiagakan personel customer service untuk membantu penumpang pesawat, serta menambah konter check in bagi maskapai. Cin menyampaikan proses keberangkatan yakni check in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan secara manual, khusus oleh maskapai yang mengalami gangguan sistem TI serta didukung pembukaan lebih banyak konter check in di bandara.
"Maskapai yang tidak mengalami gangguan sistem TI tetap memproses keberangkatan dengan menggunakan sistem TI mereka," ucap Cin.
AP II, lanjut Cin, mengimbau calon penumpang pesawat agar dapat tiba lebih awal di bandara untuk memproses keberangkatan, dan berkoordinasi dengan maskapai. Maskapai penerbangan juga telah diinformasikan agar memberikan perkembangan terbaru secara berkala kepada penumpang.