Rabu 24 Jul 2024 07:44 WIB

ASFA Foundation Umumkan Kelulusan Kaderisasi Ulama di Makkah Al Mukarromah

Program ini merupakan kerjasama ASFA Foundation dengan Universitas Ummul Quro.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Pengurus ASFA Foundation Irjen Pol (purn) Nurwindiyanto, Komjen Pol (Purn) Syafruddin, dan KH Anizar Masyhadi.
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Pengurus ASFA Foundation Irjen Pol (purn) Nurwindiyanto, Komjen Pol (Purn) Syafruddin, dan KH Anizar Masyhadi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Assalam fil Alamin (ASFA) Foundation, Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo mengumumkan kelulusan peserta Pendidikan Kader Ulama/Pendidikan Intensif di Makkah Al-Mukarromah Saudi Arabia. Program ini merupakan kerjasama ASFA Foundation dengan Universitas Ummul Quro.

Syafruddin mengatakan, tujuan dari pendidikan kader ulama adalah untuk memantapkan wawasan wasatiyyat Islam, memperdalam bahasa arab dan khazanah ilmu-ilmu keIslaman lainnya.

Baca Juga

"Mereka akan belajar tentang wasatiyat Islam, bahasa Arab, tafsir, hadits, dan metode pendidikan Alquran," ujar Syafruddin dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (23/7/2024). 

Menurut Syafruddin, program ini didedikasikan untuk penguatan lembaga pendidikan Islam, ormas Islam, pesantren dan organisasi keIslaman di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Lazis ASFA, KH Anizar Masyhad menjelaskan, program ini adalah gelombang kelima dari pendidikan yang pernah dilaksanakan di Ummul Quro yang akan diberangkatkan pada September 2024 mendatang. 

"Ada 72 peserta yang lulus berasal dari 25 provinsi di Indonesia, merupakan kader atau utusan dari 72 lembaga pendidikan ataupun ormas Islam dan organisasi keislaman," ucap dia. 

Untuk diketahui, tujuan didirikannya ASFA Foundation sendiri adalah untuk pendidikan, kemanusiaan dan perdamaian. ASFA Foundation melalui lazis ASFA telah mengadakan pendidikan kader ulama di Al-Azhar Kairo dan Unida Gontor. Sampai saat ini, telah lebih dari 1550 orang yang mendapat beasiswa atau bantuan pendidikan dari Lazis ASFA. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement