Sabtu 27 Jul 2024 18:41 WIB

Wamentan Optimistis Empat Tahun Lagi Indonesia Swasembada Pangan: Kejar Target Pak Prabowo

Urusan sektor pangan harus dilakukan satu komando.

Red: Arie Lukihardianti
Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2024).
Foto: Dok Republika
Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Wakil Menteri Pertanian Sudaryono menargetkan Indonesia bisa swasembada pangan dalam empat tahun. Sudaryono mengatakan, Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menuangkan target itu ke dalam visi pembangunan kedaulatan pangan.

"Soal pangan, Pak Prabowo tidak mau asal-asalan. Beliau tidak mau yang biasa, mesti ada sentuhan yang luar biasa. Nah, sejauh ini sudah digariskan oleh Bapak Menteri Pertanian," ujar Sudaryono saat ditemui dalam acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2024).

Baca Juga

Untuk merealisasikan hal itu, kata Sudaryono, urusan sektor pangan mesti satu komando. Ia mencontohkan persoalan distribusi pupuk, yang kerap menjadi persoalan mesti segera dibenahi dan diawasi dari mulai hulu ke hilir. "Persoalan pupuk harus sesuai regulasi, kita akan awasi terus harus betul-betul sampai kepada orang yang memang membutuhkan pupuk itu yaitu para petani kita," katanya.

Dalam urusan benih, kata dia, pihaknya tengah mengkaji usulan penyeragaman benih agar memiliki hasil yang maksimal bagi seluruh petani. "Misalnya, petani itu kan ada yang kita bantu benih dari pemerintah itu jumlahnya sekitar 18 persen dari total seluruh cakupan sawah," katanya.