Thursday, 16 Rabiul Awwal 1446 / 19 September 2024

Thursday, 16 Rabiul Awwal 1446 / 19 September 2024

Bea Cukai Sebut Belum Ada Pembahasan Soal Pengenaan Cukai pada Pangan Olahan Siap Saji

Rabu 31 Jul 2024 14:55 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Ahmad Fikri Noor

Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Askolani (kiri).

Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Askolani (kiri).

Foto: Republika/Novita Intan
Perlu koordinasi terlebih dahulu di antara para pemegang kebijakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani mengonfirmasi bahwa belum ada pembahasan perihal aturan pengenaan pajak terhadap pangan olahan, termasuk pangan olahan siap saji. Hal itu menanggapi peraturan baru PP Nomor 28 Tahun 2024 tentang kesehatan yang diteken oleh Presiden Joko Widodo.

“Kalau untuk itu kita belum (bahas), tentunya kan regulasi baru dibuat,” kata Askolani kepada wartawan di sela acara konferensi pers ‘Pemusnahan Barang Milik Negara eks Kepabean dan Cukai dan Barang Rampasan Negara berupa Rokok dan Minuman Beralkohol Ilegal di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta Timur, Rabu (31/7/2024).

Baca Juga

Ia menyebut bahwa perlu koordinasi terlebih dahulu di antara para pemegang kebijakan, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menindaklanjuti peraturan anyar tersebut.

“Nanti pada waktunya mekanismenya Kemenkes akan koordinasi dengan Kemenkeu, teman-teman BKF (Badan Kebijakan Fiskal) akan membuat kajian lengkapnya. Nanti kami support dari Bea Cukai. Jadi ada proses yang harus kita lalui,” jelasnya.