Rabu 31 Jul 2024 20:53 WIB

22 Penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA Mulai Kuliah di 3 PTN

PTBA memberikan beasiswa kepada 22 orang mahasiswa yang diterima diterima di tiga perguruan tinggi negeri atau PTN.

Rep: MASPRIL ARIES/ Red: Partner
.
Foto: network /MASPRIL ARIES
.

Penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA tahun 2024 bersama para orang saat pelepasan para mahasiswa ke kampus tiga PTN. (FOTO: Humas PTBA)
Penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA tahun 2024 bersama para orang saat pelepasan para mahasiswa ke kampus tiga PTN. (FOTO: Humas PTBA)

KINGDOMSRIWIJAYA, Tanjung Enim – PT Bukit Asam (PTBA) Tbk kembali memberikan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi. Tahun ini BUMN tambang batu bara tersebut kembali memberikan beasiswa melalui Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) 2024.

“Tahun ini melalui Beasiswa Bidiksiba 2024 PTBA memberikan beasiswa kepada 22 orang mahasiswa yang diterima diterima di tiga perguruan tinggi negeri atau PTN yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Lampung”, kata Niko Chandra Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk, Rabu (31/7).

Rinciannya dari 22 mahasiswa penerima Beasiswa Bidiksiba, 16 peserta Bidiksiba diterima di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), empat orang di Politeknik Negeri Malang (Polinema), dan dua orang di Politeknik Negeri Lampung (Polinela).

Para mahasiswa penerima Beasiswa Bidiksiba tersebut telah dilepas dari kantor pusat PTBA di Tanjung Enim menuju kampus masing-masing. Pelepasan dilakukan Asisten Manajer Sustainability Planning & Doc PTBA Tbk, Rio Handoko.

“Kami ingin mengucapkan selamat kepada adik-adik semua. Alhamdulillah, setelah melalui rangkaian tes yang cukup panjang, adik-adik berhasil sampai pada tahap ini. Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Semoga adik-adik semua dengan semangat pantang menyerah terus dapat mewujudkan cita-cita”, kata Rio Handoko.

Rio mengharapkan para penerima Beasiswa Bidiksiba dapat meraih prestasi akademik dan non-akademik yang terbaik, serta membawa nama baik Bidiksiba dan PTBA.

“Adik-adik adalah bagian dari Bidiksiba, kalian juga merupakan bagian dari Bukit Asam. Kami berharap, adik-adik bisa mengharumkan nama Bukit Asam dan Bidiksiba”, pesannya.

Sebelum lolos sebagai penerima Beasiswa Bidiksiba, PTBA telah melakukan seleksi sejumlah peserta lolos pada tahap adminitrasi. Sebanyak 240 peserta berhasil lolos tahap administrasi dan mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu psikotes dan tes bahasa Inggris yang berlangsung pada Februari 2024.

Peserta seleksi Beasiswa Bidiksiba berasal dari Sumatera Selatan, Lampung dan Sumatera Barat. Sebanyak 175 orang berasal dari Unit Pertambangan Tanjung Enim, 8 orang dari Unit Dermaga Kertapati, Sumatera Selatan (Sumsel), 25 orang dari Unit Pelabuhan Tarahan (Lampung) dan serta 32 orang dari Unit Pertambangan Ombilin, Sumatera Barat (Sumbar).


Pelepasan mahasiswa penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA tahun 2024. (FOTO: Humas PTBA)
Pelepasan mahasiswa penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA tahun 2024. (FOTO: Humas PTBA)

Sebanyak 183 peserta dari Unit Pertambangan Tanjung Enim dan Unit Dermaga Kertapati mengikuti psikotes dan tes bahasa Inggris pada 20-21 Februari 2024. Disusul 32 peserta dari Unit Pertambangan Ombilin pada 24 Februari 2024, dan 25 peserta dari Unit Pelabuhan Tarahan pada 26 Februari 2024.

Menurut Ketua Program Bidiksiba tahun 2024 Laurentius Agus Haryadi, proses seleksi dilakukan sebagai langkah awal yang penting dalam mendorong kemajuan masyarakat di sekitar wilayah operasi PTBA melalui bidang pendidikan.

“Dengan membuka kesempatan kepada siswa-siswi dari keluarga prasejahtera untuk meraih pendidikan, rantai kemiskinan dapat diputus. Kami berharap program beasiswa ini memberikan dampak positif bagi masa depan para peserta dan masyarakat secara luas”, katanya.

Program Bidiksiba bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi (Diploma Tiga atau D-III). Sejak 2013 hingga 2023 sudah ada 345 orang penerima Beasiswa Bidiksiba PTBA. Sebanyak 102 orang di antaranya berstatus mahasiswa dan 243 orang berstatus alumni. Para alumni ini telah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang usaha.

Nadila Devani Alensi, salah satu peserta Bidiksiba 2024 yang diterima di Program D3 Administrasi Bisnis Polsri, mengaku bersyukur dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi berkat adanya Program Bidiksiba.

Nadila yang berasal Kelurahan Karang Asem di Kabupaten Muara Enim bertekad memanfaatkan kesempatan yang diperolehnya dari Program Bidiksiba PTBA untuk memperbanyak ilmu, wawasan, serta pengalaman.

“Program Bidiksiba ini sangat bagus untuk kami yang kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saya harap setelah lulus, saya bisa sukses dan berguna bagi nusa dan bangsa, serta bagi Bukit Asam. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bukit Asam yang telah membantu kami dengan beasiswa Bidiksiba ini”, ujarnya.

PTBA berkomitmen mendukung pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan merata untuk masyarakat. Program Bidiksiba merupakan salah satu upaya PTBA untuk mewujudkan hal tersebut.

Program Bidiksiba bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi (Diploma Tiga atau D-III).

PTBA untuk melaksanakan Progam Beasiswa Bidiksiba menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Lampung.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا جَاۤءَكُمُ الْمُؤْمِنٰتُ مُهٰجِرٰتٍ فَامْتَحِنُوْهُنَّۗ اَللّٰهُ اَعْلَمُ بِاِيْمَانِهِنَّ فَاِنْ عَلِمْتُمُوْهُنَّ مُؤْمِنٰتٍ فَلَا تَرْجِعُوْهُنَّ اِلَى الْكُفَّارِۗ لَا هُنَّ حِلٌّ لَّهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّوْنَ لَهُنَّۗ وَاٰتُوْهُمْ مَّآ اَنْفَقُوْاۗ وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اَنْ تَنْكِحُوْهُنَّ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّۗ وَلَا تُمْسِكُوْا بِعِصَمِ الْكَوَافِرِ وَسْـَٔلُوْا مَآ اَنْفَقْتُمْ وَلْيَسْـَٔلُوْا مَآ اَنْفَقُوْاۗ ذٰلِكُمْ حُكْمُ اللّٰهِ ۗيَحْكُمُ بَيْنَكُمْۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila perempuan-perempuan mukmin datang berhijrah kepadamu, maka hendaklah kamu uji (keimanan) mereka. Allah lebih mengetahui tentang keimanan mereka; jika kamu telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada orang-orang kafir (suami-suami mereka). Mereka tidak halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tidak halal bagi mereka. Dan berikanlah kepada (suami) mereka mahar yang telah mereka berikan. Dan tidak ada dosa bagimu menikahi mereka apabila kamu bayar kepada mereka maharnya. Dan janganlah kamu tetap berpegang pada tali (pernikahan) dengan perempuan-perempuan kafir; dan hendaklah kamu minta kembali mahar yang telah kamu berikan; dan (jika suaminya tetap kafir) biarkan mereka meminta kembali mahar yang telah mereka bayar (kepada mantan istrinya yang telah beriman). Demikianlah hukum Allah yang ditetapkan-Nya di antara kamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement