Kamis 01 Aug 2024 20:07 WIB

Terkait Peluang Duet dengan Anies di Pilgub Jakarta, Ini Jawaban Jusuf Hamka

Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka belakangan mulai masuk dalam bursa Pilgub Jakarta.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka.
Foto: Republika.co.id
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka belakangan mulai masuk dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Politisi Partai Golkar itu awalnya sempat diwacanakan untuk mendampingi Kaesang Pangarep. Namun, belakangan Jusuf juga disandingkan dengan Anies Baswedan.

Jusuf mengaku baru diinstruksikan untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta. Namun, ia belum tahu pasangan yang akan mendampinginya di kontestasi politik itu. Menurut dia, keputusan itu akan sepenuhnya menjadi kewenangan partai.

Baca Juga

"Saya bergantung partai. Saya kan orangnya enggak ge-er. Jadi kalau ini survei aja belum ada, partai koalisi aja belum ada terjadi. Baru diinstruksikan," kata dia saat ditanya peluang berpasangan dengan Anies, di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2024).

Sejauh ini, pria yang kerap disapa Babah Alun itu juga belum melakukan komunikasi dengan partai politik, selain partainya sendiri. Namun, ia tak tahu apabila Partai Golkar sudah melakukan komunikasi politik untuk membangun koalisi di Pilgub DKI Jakarta.

"Saya tidak pernah komunikasi kepada parpol di luar Golkar. Jadi kalau Partai Golkar, ketua umum, atau pengurus DPP Partai Golkar ada komunikasi (dengan partai lain), saya enggak tahu," ujar dia.

Jusuf mengaku siap dipasangkan dengan siapapun di Pilgub DKI Jakarta. Bahkan, apabila harus dipasangkan dengan Anies. Namun, keputusan akhir tetap ada di tangan koalisi partai politik. "Saya dipasangkan dengan siapa aja siap. Asal partai yang memasangkan," kata dia.

Sebelumnya, Anies telah buka suara soal peluang duet dengan Jusuf Hamka di Pilgub DKI Jakarta. Mantan gubernur DKI Jakarta itu tak menutup pintu untuk pengusaha jalan tol itu. Menurut Anies, Babah Alun merupakan teman baiknya. Selama bertugas sebagai gubernur DKI Jakarta, Anies mengaku banyak melakukan kegiatan dengan Babah Alun.

"Gini, Pak Jusuf Hamka atau Babah Alun itu adalah teman lama yang ketika saya bertugas di Jakarta, beliau juga banyak melakukan kegiatan di Jakarta," kata Anies di Jakarta Concert Hall, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024).

Ia mengaku terus menjalin komunikasi dengan kader Partai Golkar itu. Namun, komunikasi yang dilakukan bersifat natural. Anies tak mau berandai-andai mengenai pasangan yang akan mendampinginya di Pilgub DKI Jakarta. Namun, ia tak menutup peluang untuk dipasangkan dengan Babah Alun.

"Nanti pada waktunya baru kita lihat, mana yang pas untuk mengusung bersama-sama," ujar dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement