Jumat 02 Aug 2024 23:57 WIB

Diangkut dari Arsenal, Emile Smith Rowe Pecahkan Rekor Transfer Fulham

Smith Rowe juga dikonfirmasi telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Red: Israr Itah
Emile Smith Rowe saat membela Inggris.
Foto: EPA-EFE/STEPHEN CHUNG
Emile Smith Rowe saat membela Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Emile Smith Rowe resmi memecahkan transfer termahal Fulham setelah meninggalkan klub Liga Primer Inggris lainnya, Arsenal pada Jumat (2/8/2024).

Berdasarkan laporan The Athletic, transfer gelandang Inggris berusia 24 tahun tersebut total bernilai 34 juta poundsterling atau setara Rp 704 miliar. Ini sekaligus membuatnya menjadi pemain termahal dalam sejarah Fulham.

Baca Juga

"Klub dengan senang hati mengonfirmasikan transfer Emile Smith Rowe dari Arsenal dengan nilai transfer yang tidak diungkapkan," demikian pernyataan Fulham di situs resmi mereka.

Smith Rowe juga dikonfirmasi telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun yang bakal membuatnya bertahan di Craven Cottage hingga musim panas 2029, dengan opsi perpanjangan selama satu tahun.

Dalam wawancara setelah transfer rampung, Smith Rowe mengaku bahwa dia sangat tertarik dengan proyek yang dimiliki klub dan pelatih Marco Silva.

"Saya akhirnya tiba di sini, jadi saya sangat bahagia untuk diri saya sendiri dan keluarga saya," kata Smith Rowe.

“Mendengarkan proyek ini, berbicara dengan pelatih, dan melihat para pemain yang ada disini, saya merasa ini proyek yang menarik bagi saya dan progres bagi karier saya," lanjutnya.

Jarang mendapatkan waktu bermain reguler dalam beberapa musim terakhir dinilai menjadi alasan Smith Rowe hengkang dari Arsenal, yang telah dibelanya selama 14 tahun.

Emile Smith Rowe adalah jebolan akademi Arsenal sebelum menembus tim utama pada 2018. Sejak itu, dia telah mencatatkan 115 penampilan dan mencetak 18 gol di semua kompetisi. Dia juga sempat dipinjamkan oleh Arsenal ke RB Leipzig (2019) dan Huddersfield Town (2020).

Pelatih Arsenal Mikel Arteta berterima kasih atas kerja keras dan komitmen sang pemain selama bermain di bawah asuhannya.

"Dia masuk ke tim utama dan menjadi pemain penting dalam periode sulit bagi kami. Dia memberikan impresi yang kuat dengan penampilannya serta membuat para suporter bangga," kata Arteta.

"Saya sedih Emile harus meninggalkan kami, tetapi senang dia mengambil kesempatan baru di tahap karier saat ini, ketika dia membutuhkan waktu bermain reguler," lanjut Arteta.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement