Rabu 07 Aug 2024 06:51 WIB

Google Divonis Bersalah Lakukan Monopoli, Bisa Dibubarkan?

Google terbukti membayar perusahaan untuk mengutamakan perambah mereka.

Red: Fitriyan Zamzami
warga berjalan melintasi logo Google. Perusahaan itu divonis bersalah melakukan monopoli oleh hakim federal AS.
Foto: EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE
warga berjalan melintasi logo Google. Perusahaan itu divonis bersalah melakukan monopoli oleh hakim federal AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Google kalah dalam kasus antimonopoli melawan Departemen Kehakiman AS pekan ini. Meski belum ada putusan soal hukuman bagi Google, salah satu yang terberat bisa berupa pembubaran perusahaan atau penghentian operasi mesin pencarinya.

Hakim federal Amerika Serikat (AS) memutuskan bahwa raksasa teknologi tersebut telah membangun monopoli ilegal atas industri pencarian dan periklanan online.

Baca Juga

Google saat ini adalah mesin pencari utama di dunia, beroperasi terutama lewat perambah Google Chrome. Saat ini, mesin pencari Google diklaim menggunakan algoritma yang menyesuaikan dengan kecenderungan pengguna.

Namun, algoritma pencarian Google tersebut berubah-ubah sekehendak perusahaan. Hal ini memunculkan kekhawatiran soal agenda-agenda komersial maupun politik dibalik algoritma tersebut yang bisa memengaruhi pandangan khalayak ramai.

Merujuk the Guardian, keputusan pengadilan federal AS mungkin akan mempunyai dampak besar terhadap operasional internal Google dan cara orang berinteraksi dengan halaman paling populer di internet. Putusan Hakim Amit Mehta secara khusus menemukan bahwa Google melanggar undang-undang antimonopoli dengan membuat perjanjian eksklusif dengan pembuat perangkat seperti Apple dan Samsung, di mana Google membayar miliaran dolar untuk memastikan bahwa produknya menjadi mesin pencari default di ponsel dan tablet mereka.

Selama persidangan, terungkap bahwa Google membayar perusahaan, termasuk Apple, lebih dari 26 miliar dolar AS pada 2021 agar tetap menjadi opsi default untuk pencarian di Safari. Kesepakatan tersebut memungkinkan Google untuk membangun monopoli atas pencarian dan menekan persaingan secara tidak adil, menurut temuan Mehta.

Apa yang terjadi selanjutnya akan menentukan apakah Google terpaksa melakukan perubahan besar dalam cara menjalankan bisnisnya atau berhasil membatalkan keputusan banding. Ketika pertarungan ini mulai meningkat, hal ini akan memiliki konsekuensi yang lebih luas mengenai bagaimana regulator berupaya mengendalikan perusahaan-perusahaan teknologi besar dan menghentikan dugaan monopoli lainnya.

Setelah keputusan tersebut, Google mungkin terpaksa mengubah pencarian. Putusan dalam kasus AS v Google tidak memuat upaya hukum apapun atas monopoli ilegal yang dilakukan perusahaan terhadap industri pencarian internet, dan departemen kehakiman tidak meminta hukuman khusus ketika mereka memperdebatkan kasus tersebut.

Mehta akan mengadakan persidangan terpisah – yang tanggal mulainya belum ditentukan – untuk menentukan solusi apa yang harus diterapkan pemerintah terhadap Google, mulai dari penyesuaian, cara pemerintah menangani kontrak, hingga pembubaran perusahaan sepenuhnya.

Karena sebagian besar keputusan berkisar pada perjanjian pencarian default Google, salah satu kemungkinan hasilnya adalah Mehta memutuskan bahwa perusahaan tidak dapat lagi membuat kesepakatan semacam itu. Hal ini akan memungkinkan Google untuk tetap menjadi mesin pencari default jika pembuat perangkat memilihnya, namun akan memblokir pembayaran bernilai miliaran dolar yang telah dilakukan Google untuk menjamin status tersebut.

Mozilla, yang browser Firefox-nya menggunakan Google untuk pencarian, menerima 86 persen pendapatannya – sekitar 510 juta dolar AS dari total 593 juta dolar AS – dari pembayaran pencarian Google, menurut majalah Fortune. Mozilla mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Kami sedang meninjau dengan cermat keputusan pengadilan tersebut, mempertimbangkan potensi dampaknya terhadap Mozilla dan bagaimana kami dapat memberikan pengaruh positif pada langkah selanjutnya. Pengadilan tidak menentukan upaya hukum.”

Dampak lainnya mungkin serupa dengan apa yang terjadi di Eropa sejak regulator di sana mulai memaksa dunia usaha untuk mematuhi Undang-Undang Pasar Digital yang berlaku. Saat pengguna masuk ke layanan dari perusahaan teknologi seperti Google, Apple atau Microsoft, mereka menghadapi “layar pilihan” di mana mereka diminta untuk memilih browser mana yang ingin mereka gunakan.

Dalam pilihan keputusan yang paling agresif, Mehta juga dapat memutuskan bahwa monopoli ilegal Google mengharuskan perusahaan tersebut sepenuhnya memutuskan layanan seperti pencarian dari seluruh perusahaan. Dia juga dapat mengenakan denda atau menargetkan bagian lain dari bisnis Google yang berkontribusi terhadap pelanggaran antimonopoli.

Bagaimanapun Mehta memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Google, kecil kemungkinan pengguna akan melihat perubahan langsung pada layanan utamanya. Google belum menerima keputusan pengadilan tersebut dan menyatakan akan mengajukan banding, sehingga menyiapkan pertarungan hukum lainnya dengan departemen kehakiman dan menunda konsekuensi apa pun yang mungkin dihadapi perusahaan.

Pembelaan perusahaan selama persidangan adalah bahwa dominasi industrinya adalah hasil dari produksi produk yang lebih baik dibandingkan pesaingnya, dan perusahaan mengulangi argumen tersebut pada hari Senin setelah kekalahannya. “Keputusan ini mengakui bahwa Google menawarkan mesin pencari terbaik, namun menyimpulkan bahwa kami tidak boleh membiarkannya tersedia dengan mudah,” kata Kent Walker, presiden urusan global Google, dalam sebuah pernyataan yang menyertakan kutipan dari keputusan tersebut yang menggambarkan pencarian Google lebih unggul dibandingkan para pesaingnya.

Sementara Google merumuskan tanggapan atas kekalahan dalam kasus ini, perusahaan juga sedang mempersiapkan gugatan lain dari departemen kehakiman yang ditujukan terhadap praktik periklanan digitalnya. Gugatan tersebut menuduh bahwa Google telah membangun monopoli atas periklanan online, menyatakan bahwa dominasinya memaksa perusahaan untuk menggunakan teknologinya dan menghambat persaingan.

Gugatan kedua mengancam salah satu pilar inti model pendapatan Google. Divisi periklanan perusahaan mengendalikan lebih dari seperempat iklan digital AS dan menghasilkan puluhan miliar dolar bagi perusahaan setiap tahunnya. Google membantah tuduhan Departemen Kehakiman dan menuduhnya mencoba memilih favorit di pasar yang kompetitif. Awalnya diajukan pada tahun 2023, kasus ini akan disidangkan pada September.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement