Jumat 09 Aug 2024 08:43 WIB

David De Gea Akhirnya Berlabuh ke Fiorentina Setelah Menepi 12 Bulan

De Gea tak bermain setelah kontraknya tak diperpanjang MU musim panas lalu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kiper David de Gea
Foto: AP Photo/Jon Super
Kiper David de Gea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- David de Gea telah setuju untuk bergabung dengan tim Serie A, Fiorentina, saat ia ingin mengakhiri masa istirahatnya selama 12 bulan dari dunia sepak bola.

Penjaga gawang asal Spanyol ini tidak memiliki klub sejak kontraknya dengan Manchester United berakhir pada akhir 2022/23. Sekarang, menurut laporan yang dikutip dari Mirror, Jumat (9/8/2024), De Gea akan pindah ke Fiorentina dengan kontrak hingga Juni 2025 plus opsi semusim lagi.

Baca Juga

Kiper berusia 33 tahun ini telah membuat kesepakatan lisan untuk bergabung dengan Fiorentina. Tes medis dilakukan menjelang kepindahannya.

Kiper veteran ini telah menarik minat dari klub-klub Liga Pro Saudi dan MLS. Bulan lalu, tampaknya De Gea akan pindah ke tim Serie A lainnya. Genoa telah melakukan pembicaraan dengan mantan penjaga gawang Atletico Madrid tersebut. Namun pada akhirnya kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan akhir.

De Gea mengakhiri masa baktinya selama 545 pertandingan dan 12 tahun bersama United pada tahun 2023. Ia awalnya beristirahat sejenak dari sepak bola sebelum berusaha untuk kembali.

De Gea menghabiskan waktu berlatih di tim non-liga, Altrincham, dalam usahanya untuk mempertahankan kebugaran dan kemampuannya. Bintang kelahiran Madrid ini tampaknya akan kembali ke tim profesional jika ia berhasil melewati tes medis tanpa masalah.

Kiper asal Spanyol tersebut dilaporkan meminta gaji sebesar 2,5 juta poundsterling atau sekira Rp 51 miliar per tahun, yang dapat meningkat menjadi 3,5 juta pound atau sekira Rp 71 miliar jika masa tinggalnya diperpanjang. De Gea akan mengikuti jejak Marin Pngracic, Moise Kean, dan Andrea Colpani yang bergabung dengan tim asal Italia tersebut pada musim panas ini.

Fiorentina sekali lagi masuk ke Europa Conference League musim ini setelah gagal menjadi finalis dalam dua edisi kompetisi sebelumnya. Tim yang berbasis di Florence ini tumbang di tangan West Ham pada musim 2022/23 ketika Jarrod Bown mencetak gol kemenangan pada menit ke-90.

Tim asal Italia ini juga tidak mampu mengalahkan Olympiakos baru-baru ini. Raksasa Yunani itu mampu meraih kemenangan 1-0 setelah perpanjangan waktu berkat upaya Ayoub El Kaabi dan mengklaim trofi Eropa pertama mereka.

Pertandingan terakhir De Gea untuk United juga berakhir dengan kekalahan di ajang piala FA. The Red Devils kalah di final Piala FA dari Manchester City 2-1, saat Ilkay Gundogan mencetak gol tercepat di final tersebut dalam waktu 12 detik.

United berhasil membalas dendam pada 2023/24 dengan memenangkan ajang ini lewat gol-gol dari Kobbie Mainoo dan Alejandro Garnacho. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement