Jumat 09 Aug 2024 09:05 WIB

Ridwan Kamil Pastikan Maju Pilkada Jakarta, Ini yang Buatnya Yakin Menang Lawan Anies

Ridwan Kamil mendapatkan kepastian menjadi cagub Jakarta usai bertemu Airlangga.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan terlihat akrab dan dekat saat mengikuti undangan yang digelar oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat (11/6).
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan terlihat akrab dan dekat saat mengikuti undangan yang digelar oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku siap melawan calon gubernur (cagub) Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024. Emil, begitu Ridwan Kamil disapa, mengatakan, bersaing dengan siapapun dalam kontestasi politik kepemimpinan sudah bukanlah situasi yang ganjil baginya.

Kontestasi serupa di Jawa Barat (Jabar) yang pernah dialaminya, kata Emil, terbukti dilewati dengan kemenangan. “Saya mah, orangnya optimistis. Dengan siapa saja saya siap. Saya waktu wali kota (Pilwalkot Bandung 2013) lawannya delapan pasang. Waktu Jawa Barat (Pilgub 2018), lawannya empat pasang,” begitu kata Emil saat ditemui di Kompleks Menteri Widya Chandra di Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (8/8/2024).

Baca Juga

Dari dua kali kontestasi politik di Tanah Pasundan itu, Emil memang berhasil menang dengan menjadi walikota Bandung ke-15 periode 2013-2018, dan menjadi gubernur Jawa Barat ke-14 periode 2018-2023. “Jadi (untuk) di Jakarta, (bersaing) dengan siapapun, saya siap,” begitu kata Emil ketika ditanya tentang rivalitas politiknya dengan pejawat Anies Baswedan.

Kata Emil, pun jika persaingannya dengan Anies Baswedan nantinya berakhir kandas, tentu hal tersebut bukan kiamat karier. Sebab kata Emil, dirinya bukan menjadikan posisi maupun jabatan politik sebagai pekerjaan nafkah. “Kalau misalnya saya juga nggak terpilih (dalam Pilkada DKI Jakarta), saya kan bukan pengangguran. Saya orang yang bermanfaat di bidang apapun,” begitu kata Emil.