Sabtu 10 Aug 2024 09:12 WIB

Memanas, Ukraina Sergap Konvoi Rusia di Kursk

Serangan Ukraina semakin jauh ke dalam wilayah Rusia.

Red: Fitriyan Zamzami
Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan keterangan soal serangan Ukraina di wilayah Kursk di kantornya di Moskow, Rusia, Kamis, 8 Agustus 2024.
Foto: Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo
Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan keterangan soal serangan Ukraina di wilayah Kursk di kantornya di Moskow, Rusia, Kamis, 8 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pasukan Ukraina melancarkan penyergapan semalam terhadap konvoi Rusia 25 mil di dalam perbatasan internasional di provinsi Kursk, Rusia. Kremlin mengumumkan keadaan darurat federal dan mengatakan pihaknya mengerahkan pasukan tambahan untuk mencoba memadamkan serangan empat hari serangan balasan Ukraina.

Sebuah video yang diedarkan oleh blogger militer Rusia menunjukkan konvoi yang hancur, dengan jenazah terlihat di dalam beberapa truk, di jalan raya timur-barat E38 di Oktyabrskoe. Wilayah itu sebuah lokasi yang jauh lebih dalam di Rusia dibandingkan pertempuran mana pun yang dikonfirmasi sebelumnya sejak pasukan Ukraina melintasi perbatasan pada Selasa.

Baca Juga

The Guardian melansir komentator mengatakan bahwa serangan tersebut, yang mengingatkan pada serangan Ukraina terhadap pasukan Rusia yang mengepung Kyiv pada minggu-minggu pertama perang, menunjukkan strategi serangan dan lari yang efektif. Namun, serangan tersebut tampaknya akan memicu respons yang meningkat dari Kremlin, dan memperpanjang perang.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka sedang mentransfer cadangan militer ke wilayah Kursk, menurut kantor berita Interfax. Mereka juga mengirim roket, artileri, dan tank Grad. Sebuah video yang dirilis oleh Zvezda, media resmi militer Rusia, menunjukkan konvoi truk yang membawa kendaraan lapis baja di jalan raya.

Alexei Smirnov, penjabat gubernur wilayah Kursk, mengatakan Moskow telah mengumumkan keadaan darurat federal pada pagi hari dan dia mendesak warga untuk “tetap tenang dan menjaga semangat juang, saling mendukung, jangan menyerah pada kepanikan dan keputusasaan” . Sejauh ini 3.000 warga sipil Rusia telah dievakuasi dari lokasi pertempuran.

Sementara itu, 14 warga Ukraina dilaporkan tewas dan 43 luka-luka setelah sebuah rudal Rusia menghantam sebuah supermarket pada siang hari di kota Kostiantynivka, Ukraina, sekitar 8 mil dari garis depan timur di Donetsk. “Teroris Rusia menyerang supermarket biasa dan kantor pos. Ada orang-orang di bawah reruntuhan,” kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy.

Ukraina berhasil menerobos perbatasan Kursk yang dijaga ketat pada Selasa pagi dengan beberapa ratus tentara, menurut Rusia. Pasukan Ukraina terlibat dalam perang manuver yang bergerak cepat, jenis pertempuran yang jarang terlihat selama perang di Ukraina, yang sebagian besar didominasi oleh parit yang dibentengi dan ranjau berat, sehingga menghambat terobosan. Pertempuran yang berlangsung cepat dan terbatasnya sumber informasi membuat sulit untuk memastikan di mana garda depan di sektor ini.

Sebuah video yang diposting di media Ukraina pada hari Jumat menunjukkan tentara Ukraina di fasilitas pengukuran gas di kota Sudzha, enam mil dari perbatasan, yang menurut mereka telah mereka kendalikan. Video tersebut belum dapat diverifikasi dengan segera, namun klaim tersebut juga didukung oleh blogger militer semi-independen Rusia, yang merupakan sumber utama informasi tentang serangan tersebut.

Para blogger Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah membangun tiga jalan ke timur laut, utara dan barat laut kota tersebut, termasuk jalur kereta api dan kemungkinan jalur pasokan ke kota Belgorod di Rusia di timur. Rybar, seorang blogger militer Rusia, mengatakan taktik Ukraina adalah menggunakan kendaraan lapis bajanya untuk menuju ke posisi Rusia dan menggunakan sepertiga dari kendaraan tersebut untuk mengikat para pembela sementara sisanya “melewatinya, memasuki pemukiman terdekat dan melakukan penyergapan”.

Akibatnya kendali Kyiv atas wilayah di mana mereka beroperasi menjadi terbatas, kata blogger dan komentator tersebut. Para pemimpin Ukraina enggan mengomentari serangan tersebut, yang merupakan pertama kalinya angkatan bersenjata reguler negara mereka menerobos perbatasan internasional, meskipun pada Kamis malam Zelenskiy menyinggung perkembangan yang terjadi. “Rusia membawa perang ke tanah kami dan harus merasakan dampaknya,” katanya dalam pidato malamnya.

Namun niat Ukraina masih belum jelas seiring berkembangnya pertempuran. Hanna Shelest, peneliti senior di Pusat Analisis Kebijakan Eropa, mengatakan bahwa Ukraina telah mendapatkan kembali inisiatifnya dengan serangan mendadak tersebut dan hal ini memiliki “efek psikologis karena telah melemahkan citra Vladimir Putin sebagai presiden yang kuat dan kuat. melindungi rakyatnya sendiri”.

Harapan militer Kyiv, tambah Shelest, kemungkinan besar adalah “pasukan cadangan Rusia akan dipindahkan untuk membuat situasi Ukraina di timur lebih mudah”. Meskipun, ia mengakui belum ada konfirmasi pergerakan pasukan dari Donbas, tempat pasukan Rusia yang lebih besar berada dan telah memperoleh keuntungan wilayah perlahan namun stabil selama berminggu-minggu.

John Foreman, mantan atase pertahanan Inggris di Moskow dan Kyiv, mengatakan dia yakin operasi Kursk “bukannya tanpa risiko strategis” karena operasi tersebut juga dapat mengalihkan sumber daya Ukraina yang langka dari garis depan yang sudah lama ada. “Kami tidak mengetahui unit Ukraina yang terlibat, kekuatan, logistik, atau dukungan tempur dan penerbangan mereka.

Memperkecil perolehan wilayah sejauh ini masih sederhana,” tambahnya. Serangan di Rusia dianggap membawa dampak politik bagi Ukraina. Sekutu-sekutu baratnya, yang dipimpin oleh AS, menolak mengizinkan senjata-senjata Barat yang bernilai tinggi digunakan untuk menyerang perbatasan Rusia yang diakui secara internasional karena takut akan eskalasi yang lebih luas.

Namun, minggu ini Gedung Putih relatif memberikan dukungan, yang menurut Shelest akan melegakan para pemimpin Ukraina. Pada bulan April, AS secara terbuka mengkritik Ukraina karena menargetkan kilang minyak Rusia, karena khawatir akan dampaknya terhadap harga energi dan inflasi. Pada Kamis, Sabrina Singh, sekretaris pers Pentagon, mengatakan bahwa serangan Ukraina ke Rusia “konsisten dengan kebijakan kami”, meskipun tetap menyatakan bahwa “kami tidak mendukung serangan jarak jauh” ke Rusia. Singh menolak menjelaskan apa yang dimaksud dengan jangka panjang.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement