Senin 12 Aug 2024 23:11 WIB

Reksa Dana Kian Populer di Kalangan Generasi Muda, Ini Langkah BTPN

Reksadana jadi unggulan di kolaborasi ini.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bincang-bincang mengenai Reksa Dana yamg digelar BTPN, Senin (12/8/2024).
Foto: Dok. Web
Bincang-bincang mengenai Reksa Dana yamg digelar BTPN, Senin (12/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instrumen reksa dana kian populer dan menjadi salah satu pilihan utama investor pasar modal dalam negeri. Hal ini tercermin dari data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Juni 2024 yang menunjukkan bahwa ada 12,3 juta investor reksa dana (sekitar 94% dari total jumlah investor pasar modal Indonesia). Angka ini meningkat lebih dari 115% dibandingkan pada tahun 2021 dan bisa terus bertambah seiring dengan makin matangnya iklim investasi di dalam negeri. Kendati demikian, jika dilihat dari data OJK (2022), level literasi dan inklusi sektor jasa keuangan khususnya pasar modal tergolong sangat rendah.

Jika dirinci lagi, angka asset under management (AUM) atau gross domestic product (GDP) di Indonesia tercatat sebagai salah satu yang terendah yakni 3,7% (dibandingkan dengan. rata-rata negara ASEAN yang mampu mencapai double digit). Bahkan, melansir rilis data terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Agustus 2024, terjadi penurunan di inklusi keuangan menjadi 75,0% (vs. 2022 : 85,1%) walaupun literasi meningkat menjadi 65,4% (vs. 2022 : 49,7%).

Baca Juga

Kondisi inilah yang melatarbelakangi pentingnya kolaborasi antaraBank BTPN Tbk dan manajer investasi Syailendra Capital untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal, khususnya reksa dana. Kerja sama ini ditandai dengan kehadiran Syailendra Capital sebagai salah satu manajer investasi yang dapat diakses melalui aplikasi Jenius dari Bank BTPN.

Chief Executive Officer Syailendra Capital, Fajar R. Hidayat menyampaikan, meningkatnya jumlah pertumbuhan investor reksa dana menunjukkan sebuah tren yang positif. "Hal ini perlu disambut baik oleh para pelaku industri, salah satunya dengan berkolaborasi dan menciptakan layanan investasi yang mudah diakses, aman, dan terpercaya. Inilah yang melatarbelakangi kerja sama antara Syailendra Capital dan Bank BTPN," kata dia di Jakarta, Senin (12/8/2024).