Wednesday, 15 Rabiul Awwal 1446 / 18 September 2024

Wednesday, 15 Rabiul Awwal 1446 / 18 September 2024

Bea Cukai Belawan Pastikan Layanan Prima Sambut Kedatangan MV National Geographic Orion

Jumat 16 Aug 2024 19:14 WIB

Red: Ahmad Fikri Noor

Bea Cukai Belawan Pastikan Layanan Prima Sambut Kedatangan MV National Geographic Orion.

Bea Cukai Belawan Pastikan Layanan Prima Sambut Kedatangan MV National Geographic Orion.

Foto: Bea Cukai
Bea Cukai Belawan juga memastikan dokumen legalitas kapal.

REPUBLIKA.CO.ID, BELAWAN – Bea Cukai Belawan melayani kedatangan kapal berbendera Bahama MV National Geographic Orion yang bersandar di Terminal Penumpang Bandar Deli, Belawan, Sumatra Utara, pada Rabu (14/8/2024). Kapal ini membawa 75 penumpang tim ekspedisi National Geographic dalam melakukan perjalanan wisata ke beberapa destinasi di wilayah Sumatra Utara.

Dalam menjalankan tugas pengawasan, Bea Cukai Belawan mengerahkan petugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang dan melaksanakan pemeriksaan kapal (boatzoeking). Sebelumnya, Bea Cukai Belawan juga memastikan dokumen legalitas kapal sebagai dasar pelaksanaan boatzoeking. Pemeriksaan tersebut juga berkaitan dengan pemberian fasilitas impor sementara untuk MV National Geographic Orion beserta para awak kapal dan penumpangnya.

Baca Juga

Pada kesempatan terpisah, Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Ahmad Luthfi mengungkapkan bahwa langkah-langkah pengawasan ini merupakan bagian dari upaya Bea Cukai Belawan untuk memastikan bahwa semua prosedur kepabeanan dijalankan dengan benar sesuai peraturan yang berlaku dan hak-hak negara terpenuhi. Meskipun demikian, Bea Cukai Belawan juga berkomitmen untuk tetap mengedepankan kenyamanan para penumpang.

“Kami tidak hanya fokus pada aspek legalitas, tetapi juga memastikan bahwa proses ini berjalan dengan lancar dan efisien, tanpa mengganggu kenyamanan penumpang. Dengan demikian, kami dapat memberikan pelayanan terbaik sekaligus menjaga keamanan dan kepatuhan di wilayah kerja kami,” ujar Luthfi.