Kamis 22 Aug 2024 09:28 WIB

Program eMpowering Youths Across ASEAN ke-4 Digelar

Program ini bertujuan membina generasi pemimpin ASEAN berikutnya.

Red: Indira Rezkisari
 Executive Director of ASEAN Foundation Dr Piti Srisangnam dan Group Chief Sustainability Officer Maybank Shahril Azuar Jimin.
Foto: dok Republika
Executive Director of ASEAN Foundation Dr Piti Srisangnam dan Group Chief Sustainability Officer Maybank Shahril Azuar Jimin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ASEAN Foundation dan Maybank Foundation mengadakan Regional Capacity Building Workshop dari Program eMpowering Youths Across ASEAN (eYAA): Angkatan ke-4 di Universitas Chulalongkorn, Bangkok, Thailand. Workshop yang akan diadakan selama lima hari ini merupakan bagian penting dari program eYAA yang menyediakan platform pembelajaran bagi kaum muda melalui kegiatan relawan sosial.

Kegiatan ini menjadi wadah bagi mereka untuk mengimplementasikan ide-ide dan mengadvokasi solusi-solusi untuk masalah yang ada di berbagai komunitas lokal di seluruh ASEAN, termasuk Indonesia, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Baca Juga

“Program eMpowering Youths merupakan wujud dari komitmen kami untuk membina generasi pemimpin ASEAN berikutnya," ujar Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Dr Piti Srisangnam, dikutip dari siaran pers, Kamis (22/8/2024).

Program ini memberikan peluang kepada relawan muda untuk terlibat dalam proyek-proyek berdampak. "Kami tidak hanya mendorong semangat kolaborasi tetapi juga mendorong pembangunan berkelanjutan di seluruh kawasan. Bersama-sama, kita dapat membangun komunitas ASEAN yang lebih kuat dan lebih terintegrasi,” katanya.

Group Chief Sustainability Officer Maybank Shahril Azuar Jimin mengatakan memberdayakan pemuda ASEAN untuk memimpin perubahan berkelanjutan di seluruh komunitas melalui Regional Capacity Building Workshop eMpowering Youths: Angkatan 4. "Inisiatif ini membuktikan komitmen bersama kami dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan memperkaya komunitas di seluruh Asia Tenggara. Dengan memberdayakan pemuda untuk memimpin inisiatif yang mengatasi tantangan sosial dan ekonomi yang mendesak, kami berkomitmen untuk membuat perbedaan yang berarti, menciptakan perubahan positif, dan memelihara masa depan di mana kolaborasi dan inovasi mendorong dampak yang berkelanjutan," katanya.

Maybank melalui Maybank Foundation, bekerja sama dengan ASEAN Foundation, percaya bahwa pendidikan merupakan bagian integral dari pemberdayaan. Oleh karena itu, eYAA merupakan wadah untuk membina para pemimpin muda dalam menangani isu-isu sosial ekonomi dan pembangunan di seluruh ASEAN.

Inisiatif ini juga sejalan dengan misi Maybank untuk memanusiakan layanan keuangan dan mendukung salah satu dari empat komitmen keberlanjutannya. Yakni meningkatkan kehidupan dua juta rumah tangga di seluruh ASEAN pada tahun 2025.

Program dan workshop eYAA Angkatan kohort 4 ini mempertemukan 99 relawan muda dan sepuluh perwakilan dari lembaga sosial kemasyarakatan (CSO) terpilih di seluruh ASEAN, untuk menampilkan sepuluh proyek berdampak, mengeksplorasi peluang kolaborasi, dan menyediakan pembelajaran berdasarkan pengalaman, serta pendidikan, dengan tujuan untuk menciptakan perubahan yang bermakna dan memberdayakan masyarakat di seluruh kawasan.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, program eYAA membentuk jaringan alumni, yang akan dihadiri oleh 32 pemuda dari kohort sebelumnya (Kohort 1, 2, dan 3) dan delapan perwakilan CSO dari Kohort 3. Keikutsertaan perdana paraalumni ini menandai pencapaian penting dalam evolusi program, sekaligus menyoroti kekuatan dan nilai jaringan eYAA yang terus berkembang, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengalaman langsung yang berharga dan wawasan yang relevan untuk menginspirasi dan memotivasi peserta baru, serta mempromosikan budaya saling memberi dan mendukung.

Diluncurkan pada Hari ASEAN ke-51 pada 8 Agustus 2018, program eYAA didedikasikan untuk memberdayakan pemuda berusia 19 hingga 35 tahun dan masyarakat di 10 negara anggota ASEAN. Inisiatif ini mendorong pemuda untuk memimpin perubahan yang berarti, menyediakan platform pengalaman dan pendidikan melalui relawan sosial.

 

 

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ اٰمِنُوْا بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ قَالُوْا نُؤْمِنُ بِمَآ اُنْزِلَ عَلَيْنَا وَيَكْفُرُوْنَ بِمَا وَرَاۤءَهٗ وَهُوَ الْحَقُّ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَهُمْ ۗ قُلْ فَلِمَ تَقْتُلُوْنَ اَنْۢبِيَاۤءَ اللّٰهِ مِنْ قَبْلُ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Berimanlah kepada apa yang diturunkan Allah (Al-Qur'an),” mereka menjawab, “Kami beriman kepada apa yang diturunkan kepada kami.” Dan mereka ingkar kepada apa yang setelahnya, padahal (Al-Qur'an) itu adalah yang hak yang membenarkan apa yang ada pada mereka. Katakanlah (Muhammad), “Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah jika kamu orang-orang beriman?”

(QS. Al-Baqarah ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement