Kamis 22 Aug 2024 11:32 WIB

Mewujudkan Jabar Jadi Poros Ekonomi Syariah Nasional

Jawa Barat menjadi pionir dalam pembangunan ekonomi syariah nasional.

Red: Gita Amanda
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat (Jabar) mengajak untuk berpartisipasi dalam Jabar Islamic Economic Festival ke-8.
Foto: MES Jabar
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat (Jabar) mengajak untuk berpartisipasi dalam Jabar Islamic Economic Festival ke-8.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat (Jabar) mengajak untuk berpartisipasi dalam Jabar Islamic Economic Festival ke-8. Acara puncaknya Dialog Ekonomi Syariah bersama para bakal calon gubernur Jawa Barat pada Rabu, 21 Agustus pukul 09.00 WIB. 

Acara yang dilakukan di gedung Magister Manajemen Dipatiukur tersebut di hadiri juga oleh staf ahli biro perekonomian Pemprov Jawa Barat Yusuf, Misran Pasaribu perwakilan OJK Jawa Barat para pengurus MES Wilayah dan Daerah, Stakeholder Ekonomi Syariah seperti KDEKS Jabart, KADIN Jabar, ISMI Jabar, ICMI Jabar, ASBISINDO Jabar, Akademisi, beserta Pelaku Bisnis Syariah dan dihadiri juga sebagai narasumber yaitu bapak Ilham Habibie dan bapak Haru Suandharu dan dibersamai panelis yaitu Dr Asep Mulyana, SE, MCE (Universitas Padjadjaran), Prof Dr Jajang W Mahri, MSi (Universitas Pendidikan Indonesia), Prof Dr. Atih Rohaeti, SE, MSI (Universitas Islam Bandung). 

Baca Juga

Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Jawa Barat Dr Harry Maksum, MH dalam sambutanya menegaskan kembali kegiatan akbar MES Jawa barat JIEF Ke 8 ini sebagai strategi untuk mewujudkan Jawa Barat sebagai poros Ekonomi Syariah, dilatarbelakangi dengan Jawa Barat menjadi pionir beberapa hal dalam pembangunan ekonomi syariah nasional, seperti: Pergub no.1 tahun 2022 yang menjadi landasan wilayah-wilayah lain dalam mengembangkan ekonomi syariah pionir terbentuknya ASBISINDO.

Harry juga menegaskan bahwa kegiatan dialog ekonomi syariah ini bukan berarti MES Jabar mendukung salah satu bacagub. Menurutnya MES tidak mengikuti politik praktis, kegiatan ini hanya bertujuan untuk menarik komitmen para Bacagub untuk sama-sama mewujudkan tujuan kegiatan JIEF ini diadakan dan mengajak kepada seluruh stakeholder untuk membantu mensukseskan kegiatan tahunan MES Jabar ini.

Pengembangan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah salah satu indikator penting dalam pengembagan ekonomi syariah, OJK KR 2 Jawa Barat terus meningkatkan literasi dan Inklusi Keuangan syariah di jawa barat hal penting yang disampaikan oleh Bapak Misran Pasaribu. Acara dibuka oleh Yusuf selaku perwaklian PJ Gubernur Jawa Barat dan menyampaikan beberapa hal penting yaitu pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini sehingga mengajak terus seluruh stakeholder ekonomi syariah secara pentahelix untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan ke acara inti yang langsung di moderatori oleh Iman Harjono salah satu ketua MES Jawa barat. Acara dialog berjalan dengan lancar dengan banyak pertanyaan dan tanggapan dari narasumber dan peserta. Acara selesai dengan penyerahan plakat oleh ketua dan sekjen MES Jawa Barat kepada para narasumber dan panelis.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement