Kamis 22 Aug 2024 16:37 WIB

Demo Besar-besaran Tolak RUU Pilkada, Jokowi tak Jadi Hadir di Acara OJK

Perwakilan dari pihak Istana juga tidak ada yang hadir.

Rep: Eva Rianti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah pengunjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di depan kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sejumlah pengunjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di depan kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Demo besar-besaran menolak RUU Pilkada berlangsung di berbagai titik pada hari ini, Kamis (22/8/2024). Eskalasinya yang kian bergulir membuat Presiden RI Joko Widodo tidak muncul pada agenda hari ini, yang seyogianya dijadwalkan menghadiri acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Diketahui, mulanya Jokowi terkonfirmasi hadir pada acara OJK bertajuk ‘Peluncuran Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan)’ yang berlangsung pada pukul 14.00—15.00 WIB di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun berdasarkan informasi dari sumber, lantaran kondisi sedang tidak kondusif karena demonstrasi di berbagai titik, akhirnya RI 1 berhalangan hadir.

Baca Juga

Perwakilan dari pihak Istana juga tidak ada yang hadir. Namun tampak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tidak absen dari undangan tersebut.

Saat dikonfirmasi alasan ketidakhadiran Jokowi, Airlangga tidak mau berkomentar, kaitannya dengan kondisi demonstrasi yang bergulir di lapangan.