Ahad 25 Aug 2024 22:42 WIB

Nadiem: Pendidikan di Kampus adalah Masa Terbaik untuk Menemukan Jati Diri

Rektor UPH meminta mahasiswa menikmati perjalanan pendidikan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional di Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional di Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyatakan, dunia kampus merupakan dunia yang dinamis dan penuh tantangan. Dia menyatakan, pada masa itulah seorang mahasiswa mendapatkan masa terbaik untuk menemukan jati diri.

"Ini adalah masa terbaik untuk menggali potensi dan menemukan jati diri, serta saat yang tepat untuk mengambil langkah berani dan bereksplorasi," kata Nadiem dalam siaran pers, Jumat (24/8/2024).

Hal itu dia sampaikan pada Universitas Pelita Harapan (UPH) Festival 2024. Pada kegiatan bertajuk “A Mind of Excellence” itu Nadiem menyampaikan pesannya secara virtual lewat rekaman video.

Rangkaian UPH Festival 2024 yang berlangsung pada 15-17 Agustus 2024 tidak hanya berfungsi sebagai orientasi bagi mahasiswa baru, tetapi juga menyajikan berbagai acara menarik, interaktif, dan bermanfaat.

Acara itu diadakan serentak di kampus UPH Lippo Village-Karawaci, Jakarta, Surabaya, dan Medan. UPH Festival 2024 dimulai dengan Convocation pada hari pertama 15 Agustus 2024, di mana sebanyak lebih dari 5.000 mahasiswa baru secara resmi dilantik oleh Rektor UPH Jonathan L. Parapak dan Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan James Riady.

Di antara para mahasiswa baru, juga terdapat kurang lebih 100 mahasiswa internasional yang datang dari beragam negara yang meliputi, Kamboja, Kanada, China, India, Kenya, Malaysia, Myanmar, Norwegia, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, dan Sri Lanka.

Dalam kesempatan ini, Rektor UPH menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru untuk menikmati perjalanan pendidikan di UPH, yang akan mempersiapkan mereka menjadi agen perubahan. Semua mahasiswa baru, kata Rektor UPH, juga akan mengalami pendidikan yang holistik dan mentransformasi kehidupan mereka.

Lebih lanjut James Riady juga memberikan pesan dan motivasi kepada seluruh mahasiswa baru. James mengingatkan, "Think big, think out of the box. Kalian pasti akan menghadapi kesulitan, tapi pada saat yang sama, kalian juga akan mendapatkan kesempatan," kata dia.

Untuk meraih kesuksesan, ada tiga hal penting yang ditekankan James. Pertama, menjadi kreatif dalam menghadapi masalah dan manfaatkan setiap peluang yang ada. Kedua, bangunlah jaringan yang kuat dengan cara menjalin pertemanan. Ketiga, gunakan semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement