Senin 26 Aug 2024 08:29 WIB

Puluhan Polisi Alami Luka Saat Pengamanan Demo Tolak Revisi RUU Pilkada di Bandung

Gedung DPRD Jabar pun mengalami berbagai kerusakan kaca pecah hingga gerbang rusak

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus dan masyarakat menggelar aksi di depan kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/8/2024). Aksi tersebut untuk merespons kondisi demokrasi di Indonesia yang menurun, dan berbagi isu politik saat ini seperti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60/PUU-XXII/2024.
Foto: Edi Yusuf
Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus dan masyarakat menggelar aksi di depan kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/8/2024). Aksi tersebut untuk merespons kondisi demokrasi di Indonesia yang menurun, dan berbagi isu politik saat ini seperti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60/PUU-XXII/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Puluhan polisi mengalami luka-luka saat melakukan pengamanan demo tolak revisi RUU Pilkada di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung Kamis (22/8/2024) dan Jumat (23/8/2024) kemarin. Mereka mengalami luka-luka akibat terkena lemparan batu dan bom molotov.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan lebih dari 20 orang petugas mengalami luka-luka akibat lemparan batu dan molotov dari demonstran. Mereka melakukan pelemparan ke arah petugas yang berada di dalam gedung. "Lebih dari 20 orang petugas kepolisian mengalami luka-luka," ujar Jules, Senin (26/8/2024).

Baca Juga

Jules mengatakan gedung DPRD Jabar pun mengalami berbagai kerusakan mulai dari kaca pecah hingga gerbang pagar roboh akibat dirusak demonstran. Pihaknya menegaskan selama pengamanan aksi demo bertindak sesuai prosedur.

Selain itu, seluruh anggota kepolisian bertahan di area dalam gedung DPRD Jabar hingga demo berakhir.

Sebelumnya, Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Kota Bandung menggelar aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Jabar, Jumat (23/8/2024). Mereka ingin mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang ambang batas pencalonan dan batas usia calon.

Sebagian massa aksi memakai jas almamater masing-masing kampus. Mereka pun membentuk lingkaran di Jalan Diponegoro, Kota Bandung yang membuat akses kendaraan di jalur tersebut dialihkan sementara.

Aksi demonstrasi sempat dilaksanakan pada Kamis (22/8/2024) kemarin. Aksi yang berjalan normal akhirnya berujung ricuh. DPR RI sendiri akhirnya batal mengesahkan RUU Pilkada dan memastikan akan mengikuti putusan MK.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هُوَ الَّذِيْٓ اَخْرَجَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِاَوَّلِ الْحَشْرِۗ مَا ظَنَنْتُمْ اَنْ يَّخْرُجُوْا وَظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ مَّانِعَتُهُمْ حُصُوْنُهُمْ مِّنَ اللّٰهِ فَاَتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوْا وَقَذَفَ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ يُخْرِبُوْنَ بُيُوْتَهُمْ بِاَيْدِيْهِمْ وَاَيْدِى الْمُؤْمِنِيْنَۙ فَاعْتَبِرُوْا يٰٓاُولِى الْاَبْصَارِ
Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat mempertahankan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah menanamkan rasa takut ke dalam hati mereka; sehingga memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangannya sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai pandangan!

(QS. Al-Hasyr ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement