Kamis 29 Aug 2024 22:37 WIB

Dokter Bedah Panggul dan Lutut, Gelar Pertemuan Hadirkan Pembicara Dokter Real Madrid

Para ahli dalam bidang panggul dan lutut di seluruh dunia saling bertukar pengalaman

Red: Arie Lukihardianti
Ketua Panitia IHKS 8th Scientific Meeting 2024, dr Andre Yanuar SpOT (K)
Foto: Dok Republika
Ketua Panitia IHKS 8th Scientific Meeting 2024, dr Andre Yanuar SpOT (K)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Ilmu kedokteran sangat bersifat dinamis karena terus berkembang.Seorang dokter tidak boleh pernah berhenti, belajar baik dari segi keilmuan maupun teknologinya. Oleh karena itu, Indonesian Hip & Knee Society (IHKS), menggelar pertemuan untuk menjadi ajang belajar dokter Bedah Panggul dan Lutut di Hotel Pullman Bandung, Kamis (29/8/2024).

Selain saling bertukar pengalaman, pertemuan tersebut juga menghadirkan pembicara terkenal, dokter dari kesebelasan ternama Real Madrid, Manuel Leyes. Serta Daniel J Berry dari Mayo Clinic yaitu pusat kesehatan akademis terkenal asal Amerika.

Baca Juga

Menurut Presiden Indonesian Hip & Knee Society (IHKS), dr Kiki Novito SpOT (K) di bidang kedokteran khususnya bedah panggul dan lutut perkembangan teknologi dan informasi terjadi dengan sangat pesat. Para Dokter Bedah Panggul dan Lutut Indonesia menyadari sepenuhnya kewajiban untuk berperan serta menyikapi perkembangan dalam bidang kesehatan tersebut.

Oleh karena itu, kata Kiki, untuk memenuhi kewajiban tersebut diperlukan usaha yang berkesinambungan agar bisa meningkatkan pemahaman keilmuan, profesionalisme, dan pelayanan pada level yang tertinggi dengan berpegang teguh kepada sumpah dokter dan kode etik kedokteran Indonesia.

"Karena, diperlukan kerja sama secara terpadu yang dilandasi semangat perhimpunan dan kesatuan di antara Dokter Bedah Panggul dan Lutut," ujar Kiki.

Pada pertemuan ini, kata Kiki, pihaknya mengangkat tema Conquering Everyday Challenge in Hip and Knee Problem. Tema ini Relevan untuk para dokter orthopaedi dan traumatologi, khususnya yang mendalami bidang panggul dan lutut. Karena, topik topik yang dibahas mulai dari permasalahan mendasar hingga permasalahan kompleks yang disebabkan cedera olah raga, kecelakaan maupun proses degenerative .

Sementara menurut Ketua Panitia IHKS 8th Scientific Meeting 2024, dr Andre Yanuar SpOT (K), pihaknya mengundang para ahli dalam bidang panggul dan lutut dari seluruh dunia untuk dapat saling bertukar pengalaman. Di antaranya, terdapat salah satu pembicara yang merupakan dokter dari kesebelasan ternama Real Madrid, Manuel Leyes, juga ada pembicara Daniel J Berry dari Mayo Clinic yaitu pusat kesehatan akademis terkenal asal Amerika yang fokus menyediakan pelayanan, pendidikan, dan riset kesehatan terintegrasi, dan banyak pembicara lainnya yang merupakan ahli dibidang Panggul dan Lutut.

"Kongres ini dihadiri oleh pembicara internasional sebanyak 30 orang dan pembicara nasional sebanyak 77 orang. Serta, diikuti peserta sebanyak 695 orang dari Indonesia dan negara-negara tetangga," katanya.

IHKS, kata dia, terus mengikuti perkembangan dan berkontribusi dalam memberikan edukasi bagi anggotanya dalam bidang panggul dan lutut ditengah perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat. Adanya Artifical Intelligence dan teknologi robotik dalam dunia kedokteran belakangan juga sudah membuat seluruh anggota IHKS akan terus mengupgrade ilmu Panggul dan Lutut berbasis teknologi tersebut dan berkelanjutan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement