Jumat 30 Aug 2024 05:44 WIB

Lima Hikmah di Balik Merahasiakan Sedekah Menurut Imam Ghazali

Sedekah akan melipatgandakan pahalanya bagi siapa yang dikehendaki Allah SWT.

Red: A.Syalaby Ichsan
Bersedekah (ilustrasi)
Foto: republika
Bersedekah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Di dalam Islam, seorang Muslim amat dianjurkan untuk bersedekah dengan harta, tenaga bahkan jika dia hanya memiliki senyuman. Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah al-Baqarah ayat 261 di antara ayat tentang sedekah. Ayat tersebut berbunyi:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Baca Juga

Maṡalul-lażīna yunfiqūna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab‘a sanābila fī kulli sumbulatim mi'atu ḥabbah(tin), wallāhu yuḍā‘ifu limay yasyā'(u), wallāhu wāsi‘un ‘alīm(un).

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui."

Ayat tersebut sangat jelas bagaimana pahala bersedekah. Sedekah akan melipatgandakan pahalanya bagi siapa yang dikehendaki Allah SWT. Namun ada dua tipe orang bersedekah yaitu bersedekah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. Kebaikan apa yang terkandung di dalamnya apabila bersedekah dengan merahasiakannya?

Menurut Al-Ghazali dalam Percikan Ihya' 'Ulum Al-Din Rahasia Puasa dan Zakat Mencapai Kesempurnaan Ibadah dengan Penerjemah Muhammad Al-Baqir mengatakan ada lima kebaikan dalam merahasiakan sedekah. Pertama, cara ini merupakan yang terbaik bagi si penerima. Dengan begitu kehormatan penerima tetap terjaga dan kemiskinannya tidak tersiar ke masyarakat umum.

Kedua, makna dari merahasiakan sedekah yaitu lebih menyelematkan hati dan lidah orang banyak. Sebab adakalanya mereka merasa iri kepadanya atau mengecamnya disebabkan dia menerima. Karena mungkin dikira mengambil uang sedekah sedangkan dalam kondisi berkecukupan atau mengambil lebih dari haknya.

 

Merahasiakan amal jariyah si pemberi..

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement