Jumat 30 Aug 2024 06:30 WIB

Pendaftaran Ditutup, Ada Tiga Pasangan Maju pada Pilgub DKI Jakarta

KPU DKI mencatat, Hanura dukung Pramono-Rano, PKN juga dukung RK-Suswono.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (29/8/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (29/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah menutup tahapan pendaftaran pasangan calon yang akan berlaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024, Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB. Total, terdapat tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, tiga pasangan calon yang mendaftar dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta. Tiga pasangan calon itu adalah Pramono Anung-Rano Karno, M Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto.

Baca Juga

"Jadi Provinsi DKI Jakarta ada tiga bakal pasangan calon yang nanti akan memeriahkan Pilgub DKI Jakarta tahun 2024," kata Wahyu di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis malam WIB.

Dia menjelaskan, petugas juga telah menerima Surat Dinas KPU RI Nomor 1915 perihal ketentuan khusus terkait pendaftaran pasangan calon kepala daerah. Dalam surat dinas itu, KPU Provinsi DKI Jakarta diperbolehkan menerima formulir B persetujuan partai politik KWK, untuk partai politik yang belum disampaikan pada saat pendaftaran pasangan calon karena kendala teknis.

Dengan begitu, terdapat penambahan dukungan untuk dua bakal pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik. Wahyu menyebutkan, pasangan Pramono-Rano yang semula hanya diusulkan oleh PDIP, kini memiliki tambahan dukungan dari Partai Hanura.

Sementara pasangan RK-Suswono yang semula diusulkan 13 partai, mendapat dukungan tambahan dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). "Kedua partai terakhir yang saya sebutkan tadi merupakan dukungan susulan yang menurut Surat Dinas KPU Republik Indonesia itu memungkinkan untuk bisa disusulkan selama masa pendaftaran. Jadi karena pendaftaran belum ditutup," kata Wahyu.

Dengan begitu, pasangan Pramono-Rano memiliki akumulasi suara sah sebanyak 14,46 persen di Pemilu Legislatif DPRD DKI Jakarta. Sementara itu, RK-Suswono memiliki total akumulasi suara 83,46 persen. Sedangkan Dharma-Kun yang merupakan pasangan perseorangan telah memenuhi syarat dukungan sebanyak 677.468 KTP warga DKI Jakarta, yang telah dilakukan verifikasi.

"Nah untuk yang ketiga, pasangan calon Dharma Pongrekun dan Kun Wardana. Beliau juga sudah mendaftarkan tadi pada pukul 19.00 dan ketiga bakal calon ini statusnya lengkap dan diterima," kata Wahyu.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement