Rabu 04 Sep 2024 21:26 WIB

Presiden Jokowi Pakai Toyota Zenix Seperti Paus Fransiskus

Mobil Toyota Innova Zenix berpelat RI mirip dengan kendaraan Paus di Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus duduk di mobil Toyota Innova Zenix tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus duduk di mobil Toyota Innova Zenix tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengemukakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) difasilitasi dengan beragam kendaraan operasional kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hal itu menanggapi kendaraan Toyota Innova Zenix dengan pelat nomor RI 1 yang ditumpangi Presiden Jokowi di tengah agenda kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta.

"Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," kata Yusuf saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (4/9/2024) malam WIB.

Baca Juga

Yusuf menjelaskan, Presiden Jokowi akan menggunakan mobil Innova Zenix lagi pada Kamis (5/9/2024). Dia menjelaskan, penggunaan kendaraan seperti Innova sering dilakukan untuk kegiatan tertentu yang bersifat incognito atau penyamaran.

Mengenai keamanan, Yusuf menegaskan, tim Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamprea) selalu berkoordinasi dengan tim pengamanan wilayah untuk memastikan keselamatan RI 1 selama perjalanan.

Kendaraan yang ditumpangi Jokowi tersebut serupa juga digunakan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, selama berkunjung ke Indonesia. Perbedaan dari dua kendaraan itu ada pada corak warna dan pelat nomor kendaraan. Presiden Jokowi menggunakan warna hitam berpelat RI 1. Sementara Paus Fransiskus menggunakan warna putih berpelat SCV 1.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement