Rabu 04 Sep 2024 14:03 WIB

Maung MV3 Produksi Pindad Digunakan Paus Fransiskus di GBK

Paus akan memimpin Misa Akbar di GBK, Kamis, menggunakan Maung MV3 Pope Mobile.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erik Purnama Putra
Maung MV3 Pope Mobile produksi PT Pindad mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK,Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (5/9/2024).
Foto: Republika.co.id
Maung MV3 Pope Mobile produksi PT Pindad mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK,Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (5/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maung MV3 Pope Mobile produksi PT Pindad mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (5/9/2024). Kendaraan tersebut dimodifikasi khusus untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose menyampaikan, penugasan itu merupakan suatu kehormatan bagi PT Pindad. Pasalnya, produk kendaraannya dipercayai oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK.

Baca: Tim Demolisi Sathar 64 Sukses Jalankan Operasi Land Clearing

"Terima kasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK," kata Abraham dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto. "Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dilibatkan secara langsung dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat katolik di seluruh dunia sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian," ujar Abraham.

Baca: ASEAN Pasok 12 Persen Bahan Bakar Global untuk Boeing

Maung MV3 Pope Mobile berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta plat nomor 'SCV1' yang merupakan singkatan dari 'Status Latin Civitatis Vaticanae' (Negara Kota Vatikan).

Setelah generasi pertama Maung, Prabowo meminta beragam inovasi dan perbaikan hingga akhirnya Pindad meluncurkan generasi ketiga (MV3) yang memiliki kelebihan dari segi bodi tangguh dan dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem. Maung MV3 varian tangguh, kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia.

Adapun modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile, yaitu penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Baca: Latma Safkar Indopura 2024 Pererat Kerja Sama Kedua Negara

Spesifikasi umum kendaraan Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km per jam, dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement