Kamis 05 Sep 2024 11:46 WIB

Bakteri di Mulut Bereproduksi dengan Cara yang Aneh dan Langka

Sel-sel Corynebacterium dalam plak gigi seperti pohon besar yang rimbun di hutan mereka menciptakan struktur spasial yang menyediakan habitat bagi banyak spesies bakteri lain di sekitarnya.

Rep: Impresi Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Impresi Republika
.

Ekosistem mikroba yang bersarang di mulut Anda memberi para ilmuwan alat yang langka untuk mempelajari tentang bagaimana bakteri berkembang biak.

Salah satu bakteri paling umum yang hidup di plak gigi Anda, bakteri berfilamen yang disebut Corynebacterium matruchotii, tidak membelah menjadi dua sel anak seperti kebanyakan pembelahan sel, tetapi menjadi beberapa mikroba baru dalam proses yang lebih langka yang disebut pembelahan ganda.

Dipimpin oleh ahli mikrobiologi Scott Chimileski dari Laboratorium Biologi Kelautan di AS, sekelompok ilmuwan mengamati sel tunggal C. matruchotii yang membelah menjadi hingga 14 sel baru – suatu prestasi yang dapat memberi tahu kita bagaimana organisme ini membentuk perancah yang mendukung inang mikroba lain yang tinggal di mulut Anda.

"Terumbu karang memiliki koral, hutan memiliki pohon, dan plak gigi di mulut kita memiliki Corynebacterium," jelas ahli mikrobiologi Jessica Mark Welch dari ADA Forsyth Institute dan Laboratorium Biologi Kelautan.