Jumat 06 Sep 2024 18:03 WIB

Pemerintahan Presiden Terpilih Diharapkan Tiru Teladan Baik dari Paus Fransiskus

Kebersahajaan Bapa Suci menjadi pelajaran bagi banyak orang.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Umat Katolik mengikuti misa akbar di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis (5/9/2024). Misa akbar yang dihadiri oleh hampir 90 ribu umat Katolik tersebut dipimpin langsung oleh Pemimpin Gereja Katolik Dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus yang berlangsung pukul 17.00 -19.00 WIB. Paus Fransiskus  melakukan perjalanan keagamaan dan kenegaraan atau apostolik ke Indonesia selama 4 hari dari tanggal 3-6 September mendatang. Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus selama perjalanan apostoliknya 11 hari di kawasan Asia Pasifik.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Umat Katolik mengikuti misa akbar di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis (5/9/2024). Misa akbar yang dihadiri oleh hampir 90 ribu umat Katolik tersebut dipimpin langsung oleh Pemimpin Gereja Katolik Dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus yang berlangsung pukul 17.00 -19.00 WIB. Paus Fransiskus melakukan perjalanan keagamaan dan kenegaraan atau apostolik ke Indonesia selama 4 hari dari tanggal 3-6 September mendatang. Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus selama perjalanan apostoliknya 11 hari di kawasan Asia Pasifik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada empat hari ini memberikan inspirasi besar. Spirit kebersahajaan Bapa Suci menjadi pelajaran bagi banyak orang yang tertegun yang melihatnya duduk di kursi depan mobil sederhana, menginap di Kedutaan Vatikan, dan terbang meninggalkan Indonesia dengan pesawat Garuda, alih-alih menyewa jet pribadi.

“Keteladanan Bapa Suci Paus Fransiskus membawa spirit kemandirian, seiring dengan perjalanan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” kata Ketua Umum Jaringan Kemandirian (Jaman) Iwan Dwi Laksono, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga

photo
Ketua Umum Jaringan Kemandirian (Jaman) Iwan Dwi Laksono. - (Dok. Pri)

Iwan, menambahkan inspirasi dari Paus semakin terlihat saat memimpin Misa Kudus bersama lebih dari 100 ribu umat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 5 September 2024. Dalam homili atau kotbahnya, Paus meminta umat Katolik senantiasa membawa damai dalam kehidupan.