Selasa 10 Sep 2024 00:05 WIB

Tim Luthfi-Yasin Bertabur Jenderal, Pengamat: Fokus Ekstra Prabowo-Jokowi Rebut Jateng

Tim pemenangan itu bakal berpengaruh besar dalam menjaring suara.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
 Partai Gerindra resmi mengusung pasangan bakal calon gubernur (Bacagub) Ahmad Luthfi dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub)  Gus Taj Yasin Maimoen di Jawa Tengah (Jateng) untuk Pilkada 2024.
Foto: Republika/Surya Dinata
Partai Gerindra resmi mengusung pasangan bakal calon gubernur (Bacagub) Ahmad Luthfi dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Gus Taj Yasin Maimoen di Jawa Tengah (Jateng) untuk Pilkada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ahnad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), telah menunjuk Letnan Jenderal TNI (Purn) Anto Mukti Putranto sebagai ketua tim pemenangan mereka.

Dalam tim pemenangan tersebut, terdapat sejumlah pensiunan jenderal lainnya, baik dari Polri maupun TNI, termasuk mantan KSAD Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman dan eks kapolri Jenderal Polisi (Purn) Sutarman.

Baca Juga

Pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip), Wahid Abdulrahman mengatakan, banyaknya pensiunan jenderal di tim pemenangan Ahmad Luthfi-Gus Yasin menunjukkan bahwa penguasa memberi perhatian khusus pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. Penguasa yang dimaksud Wahid adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Ini saya kira cuma terjadi di Jateng nanti seorang mantan KSAD, mantan kapolri, termasuk Pak Bibit (Waluyo), ini kan orang-orang yang punya rekam jejak kuat dalam penguasaan teritori karena mereka pernah menjadi komandan teritorial. Ini yang luar biasa menurut saya, dan inilah bentuk atensi, bentuk fokus yang ekstra yang diberi Pak Prabowo maupun Pak Jokowi, mereka ingin merebut Jawa Tengah," kata Wahid ketika dihubungi Senin (9/9/2024).