Sabtu 14 Sep 2024 20:00 WIB

Anjuran untuk Selalu Berdoa

Berdoa merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
ILUSTRASI Hindari penggugur amal. Foto - Seorang pria berdoa untuk Palestina di Masjid Pusat Lisbon, Portugal, Jumat, 13 Oktober 2023.
Foto: AP Photo/Armando Franca
ILUSTRASI Hindari penggugur amal. Foto - Seorang pria berdoa untuk Palestina di Masjid Pusat Lisbon, Portugal, Jumat, 13 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Hakikat doa adalah seorang hamba menampakkan bahwa dirinya benar-benar membutuhkan Allah Yang Maha Suci, dengan melepaskan diri dari segala kekuatan dan daya manusia. Serta hanya berlindung kepada Dzat Yang Maha Kuat dan Maha Mulia.

Sementara, doa menurut bahasa adalah ath-thalabu yang berarti permohonan atau an-nidaa'u yang berarti panggilan. Sedangkan menurut istilah syar'i, doa adalah meminta pertolongan kepada Allah SWT, berlindung kepada-Nya, dan memanggil-Nya demi mendapatkan manfaat atau kebaikan dan menolak gangguan atau bala.

Baca Juga

Berikut adalah ayat-ayat Alquran dan hadist yang menganjurkan seorang hamba untuk selalu berdoa kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa. Ayat dan hadist ini disampaikan Ahmad bin Abdullah Isa dalam buku Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih Berdasarkan Alquran dan Hadist yang diterbitkan Pustaka Elba, 2006.

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ