Senin 16 Sep 2024 06:49 WIB

Ridwan Kamil Tanggapi Seruan 'Anak Abah Coblos Semua Paslon', Begini Menurutnya

Seruan coblos tiga paslon atau golput masif dikampanyekan Anak Abah pendukung Anies.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Ridwan Kamil berfoto bersama pedagang saat melakukan blusukan ke Pasar Inpres Kebon Melati di kawasan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta, Ahad (14/9/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ridwan Kamil berfoto bersama pedagang saat melakukan blusukan ke Pasar Inpres Kebon Melati di kawasan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta, Ahad (14/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon gubernur (cagub) Ridwan Kamil tak mempersoalkan seruan memilih tiga paslon atau golput dalam Pilkada Jakarta 2024. Emil mengatakan, sikap politik tak memilih tersebut merupakan bagian dari hak warga negara dalam berdemokrasi.

"Saya kira, namanya golput itu adalah bagian dari demokrasi," begitu kata Emil di Jakarta Pusat, Ahad (15/9/2024). Namun begitu, mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) itu berharap agar masyarakat Jakarta yang menggunakan hak pilihnya lebih banyak ketimbang yang abstain.

Baca Juga

Sebab, kata cagub dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu, memilih pemimpin adalah bagian dari tanggung jawab warga negara. Karena itu, untuk menyadarkan tanggung jawab warga negara itu, dirinya bersama calon wakil gubernur (cawagub) Suswono, menawarkan program-progam dan misi-visi sebagai cagub-cawagub untuk meyakinkan masyarakat dalam memilih pemimpin.

Pun termasuk, kata Emil, dengan memberikan solusi-solusi untuk masa depan Jakarta, dan masyarakatnya. "Kami mencoba untuk menetralisir dengan memberikan narasi-narasi, solusi-solusi, termasuk keberlanjutan apa-apa yang baik di era gubernur-gubernur Jakarta sebelumnya," ujar Emil.