Senin 16 Sep 2024 16:52 WIB

Dasco Sebut Kader Gerindra di Kabinet Prabowo Cuma Sedikit, Siapa Dapat Jatah Banyak?

Prabowo-Gibran akan dilantik jadi presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Foto Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Prabowo kini terus merampungkan komposisi kabinet pembantunya.
Foto: Republika
Foto Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Prabowo kini terus merampungkan komposisi kabinet pembantunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Gerindra sudah memastikan sejumlah kadernya yang akan masuk ke dalam jajaran kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto 2024. Tetapi, kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, keterwakilan partai tersebut dikatakan tak banyak.

Kata dia, presiden terpilih dan wakilnya Gibran Rakabuming masih terus melakukan simulasi komposisi dan penyelesaian nomenklatur kementerian yang dibutuhkan untuk pemerintahan baru bulan mendatang. “Kalau dari Gerindra sudah ada nama-namanya (calon menteri). Ya, dari Gerindra sedikit lah,” begitu kata Dasco saat ditemui di Jakarta, Senin (16/9/2024).

Baca Juga

Selain dari Partai Gerindra, kata Dasco, Prabowo juga turut serta membawa sejumlah nama dari jebolan Taruna Nusantara untuk masuk ke kabinet. Namun, Dasco belum bersedia membeberkan nama-nama calon menteri yang dipercaya Prabowo untuk mengisi jajaran kabinet.

“Itu adalah hak preogratif presiden terpilih. Beliau pada saat ini memang berkonsentrasi untuk menuntaskan nomenklatur, menuntaskan jumlah, dan menuntaskan kriteria yang akan mengisi kabinet yang akan datang,” begitu ujar Dasco.