Jumat 20 Sep 2024 06:22 WIB

Bermula dari Batik, Perdebatan Warganet Malaysia dan Indonesia Makin Panas

Kehadiran Youtuber Speed membuat warganet RI dan Malaysia berdebat asal batik.

Red: Erik Purnama Putra
YouTuber IShowSpeed mengenakan batik mengunjungi kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, dan menjajal jasa pembaca garis tangan.
Foto: Dok. YouTube IShowSpeed
YouTuber IShowSpeed mengenakan batik mengunjungi kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, dan menjajal jasa pembaca garis tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keributan di lini masa X antara warganet Indonesia dan Malaysia masih terus berlangsung. Hal itu bermula ketika Youtuber IShowSpeed mendapatkan hadiah dari penggemarnya di Kuala Lumpur, Malaysia, sejumlah baju batik. Penggemar itu menyampaikan, memberi baju batik Malaysia kepada Speed.

Tidak lekas percaya, Speed mencari tahu sumber asal batik dan mendapatinya dari Indonesia. Kemudian, Speed yang melakukan live streaming dari dalam mobil bertanya kepada pemandu wisata asal negeri jiran tersebut asal batik. Jawabannya pun cukup membuat Speed mengernyitkan dahi lantaran dijawab batik dari Malaysia.

Baca Juga

Tayangan video itu pun diunggah diunggah ke X hingga menjadi perdebatan keras. "Speed sudah googling "where is batik from", sama tour guidenya masih aja dibilang "batik is originally from Malaysian". L country," kata pemilik akun X @AffanIbnani sembari memberi emiton jempol ke bawah dikutip Republika.co.id di Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Status itu pun viral hingga video Speed yang bingung asal batik viral dan menjadi ajang perdebatan warganet dua negara. Hingga kini, video itu sudah ditonton lebih 22 juta kali.