Rabu 25 Sep 2024 15:42 WIB

Pentingnya Medical Check-Up Bagi Jamaah Haji dan Umroh

Ibadah haji dan umroh memerlukan aktivitas fisik yang intens.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Aisyah Tanim, salah satu titik miqat bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh sunnah, Makkah, Arab Saudi, Ahad (2/6/2024).
Foto: Republika/Muhyiddin
Masjid Aisyah Tanim, salah satu titik miqat bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh sunnah, Makkah, Arab Saudi, Ahad (2/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Medical Check-Up (MCU) bagi jamaah haji dan umroh memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam menjaga kesehatan dan memastikan kesiapan fisik jamaah untuk menjalankan ibadah yang cukup berat dan memerlukan stamina yang prima.

Direktur Utama (Dirut) Abhinaya Tour and Travel Umroh Haji Pandu Apriyanto mengatakan sangat penting untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan calon jamaah dalam mempersiapkan keberangkatan hajinya sehingga calon jamaah bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Baca Juga

"Dan penting juga bagi travel penyelenggara untuk memahami dan mengetahui setiap kesehatan jamaah yang harus menjadi perhatian dan antisipasi jika terjadi risiko kesehatan pada waktu pelaksanaan haji," ujar Pandu saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (24/9/2024).

Ibadah haji dan umroh memerlukan aktivitas fisik yang intens, seperti thawaf (berkeliling Ka'bah), sa’i (lari kecil antara bukit Safa dan Marwah), serta kegiatan lain dalam cuaca yang cukup ekstrem. Dengan MCU, jamaah bisa mengetahui apakah mereka memiliki penyakit tertentu yang harus diantisipasi atau mendapatkan perawatan khusus sebelum dan selama perjalanan.