Sabtu 05 Oct 2024 14:15 WIB

Upacara HUT Ke-79 TNI di Biak: Prajurit Waspadai Isu Memecah Belah TNI

Pada masa kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto nanti, TNI semakin kuat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Prajurit TNI saat mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Prajurit TNI saat mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Kepala Staf Komando Operasi Udara (Kastaf Koopsud) III Biak Marsma Esron Sahat B Sinaga mengajak seluruh prajurit TNI harus selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecah TNI. Esron memimpin upacara HUT Ke-79 TNI di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Sabtu (5/10/2024).

Esron pun menyampaikan amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subianto yang mengajak seluruh prajurit untuk menyambut Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai presiden ke-8 RI. Menurut dia, pada masa kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto nanti, TNI akan semakin kuat, berwibawa dan disegani oleh negara-negara di dunia.

Baca Juga

Pada momentum HUT Ke-79, Esron berpesan kepada prajurit TNI, yakni pertama, untuk senantiasa perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah. Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar TNI selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga, menurut Esron, tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan. Keempat, bangun koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah, semua instansi maupun komponen bangsa guna menjamin terlaksananya pilkada serentak yang aman, tertib dan lancar.

Kelima, laksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat. "Karena tugas kita semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara," ujar Esron.

Baca: Prajurit Yonmarhanlan X Jayapura Gagalkan Penyelundupan Sabu

Upacara peringatan HUT Ke-79 TNI di Kabupaten Biak Numfor berlangsung khidmat, meskipun berlangsung dalam suasana hujan sejak pagi melanda kota Biak dan sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement