Rabu 09 Oct 2024 20:08 WIB

Begini Respons PDIP Soal Pertemuan Privat antara Prabowo dan Jokowi

Peristiwa ini terjadi jelang rencana pertemuan antara Prabowo dan Megawati.

Red: Mas Alamil Huda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto.
Foto: Republika.co.id
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Elite PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul merespons santai pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan presiden terpilih Prabowo Subianto di Jakarta pada Selasa (9/10/2024) malam. Peristiwa ini terjadi jelang rencana pertemuan antara Prabowo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang disebut digelar sebelum pelantikan pada 20 Oktober.

Wakil ketua MPR RI itu menilai, pertemuan antara pemimpin dan calon pemimpin bangsa itu merupakan hal yang biasa-biasa saja. Dia pun enggan menanggapi bahwa pertemuan itu bakal berdampak pada isu posisi PDIP pada pemerintahan Prabowo mendatang.

Baca Juga

"Itu mungkin aja, kan pertemuan yang kayak gitu, menurut saya sih ya biasa-biasa saja. Apalagi emang udah connect dari awal," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selain itu, ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini mengatakan bahwa politisi tidak boleh khawatir atau cemas dalam menanggapi sebuah isu, termasuk pertemuan antara kedua tokoh bangsa tersebut. Dia juga enggan memaknai apapun terkait pertemuan Jokowi dan Prabowo.

"Setiap kali pertemuan para tokoh politik pejabat publik ada yang dibicarakan hal-hal tertentu, wajar-wajar saja. Nanti kita lihat saja keputusan-keputusannya apa," kata dia.

Selain itu, dia pun tak membantah terkait isu adanya tiga sosok dari PDIP yang disebut bakal menjadi menteri Prabowo Subianto. "Saya nggak dengar. Nggak dengar bukan nggak ada. Kalimatnya nggak dengar dan saya nggak diajak bicara," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dengan Prabowo santap malam dan berdiskusi di sebuah restoran di Jakarta, Selasa, hingga dua jam lebih. Hal itu disampaikan melalui unggahan di media sosial Instagram @jokowi, yang dipantau di Jakarta, Selasa malam.

"Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," tulis Jokowi dalam unggahannya.

Dalam media sosial itu diunggah foto Presiden Jokowi duduk berhadap-hadapan dengan Prabowo Subianto di meja makan, dalam sebuah ruangan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan ada cerita soal suka duka di dalam pertemuan antara Prabowo dan Presiden Jokowi. Dia mengatakan, pertemuan tersebut merupakan momen-momen Presiden Jokowi di penghujung pemerintahannya yang membagikan obrolan kepada Prabowo Subianto, selaku sosok yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya.

"Ya, ngobrol biasa, namanya Pak Jokowi kan akan segera mengakhiri masa kepresidenannya dan Pak Prabowo akan segera ambil alih meneruskan kepemimpinannya, hingga ya cerita suka duka," kata Muzani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement