Jumat 11 Oct 2024 19:58 WIB

Jawaban Menohok Shin Tae-yong Saat Ditanya Mengapa Pemainnya Amat Marah Usai Lawan Bahrain

Shin Tae-yong menilai wajar para pemainnya sangat marah usai laga melawan Bahrain.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.
Foto: Republika/Edwin Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, "Apakah kamu bertanya karena tidak menonton pertandingannya? Semua yang menonton akan mengerti kenapa para pemain kecewa. Bahkan yang menonton di TV pun akan merasakannya," ujar pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjawab pertanyaan wartawan di ruang konferensi pers seusai laga melawan Bahrain pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C, di Bahrain, Kamis (10/11/2024) malam.

Shin Tae-yong pun menilai wajar para pemain asuhannya yang sangat marah terhadap keputusan-keputusan wasit Ahmed Al Kaf, yang memimpin pertandingan lawan Bahrain. Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, tersebut, sejumlah keputusan wasit merugikan Indonesia.

Baca Juga

Puncaknya adalah saat wasit Ahmed memberikan tambahan waktu enam menit, tetapi kemudian memperpanjang waktu bermain sampai menit ke-99. Tambahan waktu yang sangat berlebih itu membuat Bahrain dapat mengemas gol penyama kedudukan untuk mengakhiri laga dengan skor 2-2.

Seusai pertandingan, beberapa pemain Indonesia terlihat sangat marah. Shayne Pattynama sampai harus ditenangkan staf pelatih, sedangkan manajer timnas Sumardji sampai diganjar kartu merah oleh wasit Ahmed.

“Baik Indonesia dan Bahrain melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir. Tapi saya harus tetap menyebut mengenai beberapa hal memalukan terkait keputusan wasit. Jika AFC ingin membangun sepak bola, maka pengambilan keputusan wasit juga harus ditingkatkan,” kata Pelatih Shin dalam jumpa pers usai pertandingan seperti dikutip dari rekaman video.

“Jika Anda menyaksikan pertandingan ini, mungkin Anda akan paham mengapa para pemain kami sangat marah. Waktu tambahan adalah enam menit, dan itu nyatanya lebih dari enam menit. Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, Anda tahu ini akan terjadi tendangan bebas. Jadi menurut saya semua orang tahu mengapa pemain kami sangat marah,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Sempat tertinggal 0-1 dari Bahrain, Indonesia mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Grup C, pada Kamis (10/10/2024) malam. Kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya sirna, setelah tuan rumah mencetak gol di menit ke 90+9.

Skuad Garuda pun harus puas dengan kembali hasil imbang 2-2. Dengan hasil ini, Indonesia menghuni peringkat kelima di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan.

Klasemen Grup C

1 Jepang 3 3 0 0 14 0 14 9

2 Australia 3 1 1 1 3 2 1 4

3 Arab Saudi 3 1 1 1 3 4 -1 4

4 Bahrain 3 1 1 1 3 7 -4 4

5 Indonesia 3 0 3 0 3 3 0 3

6 China 3 0 0 3 2 12 -10 0

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement