Ahad 20 Oct 2024 13:48 WIB

Bakal Ada Tujuh Kemenko dan 40 Kementerian Teknis di Kabinet Prabowo-Gibran

Prabowo mempertahankan sejumlah menteri dari pemerintahan Presiden Jokowi

Presiden ke-8 RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.
Foto: Republika.co.id
Presiden ke-8 RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka bergerak cepat membentuk pemerintahannya.

Sat set sat set.. di hari yang sama, Ahad (20/10/2024) keduanya disebut akan mengumumkan susunan menteri, wakil menteri, dan para kepala badan negara. Kemudian pada Senin, seluruh jajaran itu akan dilantik di Istana Negara.

Baca Juga

Ketum Partai Demokrat Agus Yudhoyono sudah mengonfirmasi hal ini kepada pers, Sabtu. Informasi yang didapat Republika, Ahad siang, menunjukkan kabinet Prabowo-Gibran memang lebih besar dari kabinet Presiden Joko Widodo dua periode.

Total ada 47 kementerian! Ini terbagi atas tujuh kementerian koordinasi dan 40 kementerian teknis. Bandingkan dengan kabinet di era Presiden Jokowi bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang relatif lebih ramping.

Sebelum diumumkan, para calon menteri dan calon wakil menteri pada awal pekan ini dipanggil ke kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan. Setelahnya, mereka diajak Prabowo ke kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor.

Di sini, Prabowo menggelar semacam pembekalan terkait pemerintahan, perekonomian, kepemimpinan, geopolitik, komunikasi media, dan lain sebagainya dengan pembicara para pakar dari luar negeri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement