Rabu 23 Oct 2024 15:45 WIB

Sering Tinjau Uji Coba, Gibran Akan Kelola Program Makan Gratis? Ini Jawaban Dia

Gibran cukup sering meninjau pelaksanaan uji coba makan gratis.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba makan bergizi gratis di SDN 03 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).
Foto: Republika.co.id/Bayu Adji P
Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba makan bergizi gratis di SDN 03 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka kembali meninjau pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di SMPN 270 Jakarta, Rabu (23/10/2024). Pemantauan itu merupakan yang kedua kali dilakukan sejak ia dilantik menjadi wakil presiden.

Berdasarkan pengamatan Republika, Gibran memang cukup sering meninjau pelaksanaan uji coba makan gratis. Peninjauan itu bahkan telah dilakukan sebelum ia resmi dilantik menjadi wakil presiden. Hal itu menjadi tanda bahwa program makan gratis akan berada di bawah kewenangannya.

Baca Juga

Kendati demikian, Gibran tak mau menjawab mengenai hal itu. Ia mengaku masih menunggu arahan dari Prabowo Subianto. "Habis ini kan kita sidang kabinet. Kita tunggu arahan dari Pak Presiden Prabowo," kata dia di SMPN 270 Jakarta Utara, Rabu (23/10/2024).

Ia mengatakan, pembagian tugas antara presiden dan wakil presiden kemungkinan masih akan seperti pemerintahan periode sebelumnya. Namun, pastinya nanti akan diputuskan oleh Prabowo sebagai presiden. "Kurang lebih masih sama, tapi sekali lagi kita tunggu arahan berikutnya dari Pak Presiden Prabowo," kata dia.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan uji coba makan gratis sejak 19 Agustus 2024. Berdasarkan data per hari ini, Pemprov DKI Jakarta sudah membagikan 9.489 paket makan gratis kepada siswa SD, SMP, hingga SMA.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi mengapresiasi peran serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui program CSR yang telah mendukung program MBG dengan menyediakan menu makanan berkualitas. Ia berharap, program MBG dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

"Alhamdulillah sejauh ini kita telah konsisten dalam mendistribusikan ribuan paket makanan selama uji coba MBG ini. Sesuai arahan pemerintah pusat, kita bersinergi dalam menyukseskan hal ini agar para peserta didik bisa mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup, sehingga bisa mengikuti proses belajar dengan optimal. Hal ini juga sebagai persiapan dalam menyiapkan Generasi Emas 2045," kata Teguh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement