Kamis 24 Oct 2024 05:32 WIB

Ibadah di tengah Kesibukan: Jadwal Sholat Hari Ini di Medan, 24 Oktober 2024

Sholat merupakan kewajiban yang diamanahkan pada setiap Muslim.

Bangunan Masjid Al Osmani di Medan, Sumatera Utara, Jumat (11/3/2023). Masjid yang memadukan gaya arsitektur India, Tiongkok, Timur Tengah, Eropa dan Melayu tersebut dibangun pada tahun 1854 oleh Sultan Deli ke tujuh dan merupakan masjid tertua di Kota Medan.
Foto: Antara/Fransisco Carolio
Bangunan Masjid Al Osmani di Medan, Sumatera Utara, Jumat (11/3/2023). Masjid yang memadukan gaya arsitektur India, Tiongkok, Timur Tengah, Eropa dan Melayu tersebut dibangun pada tahun 1854 oleh Sultan Deli ke tujuh dan merupakan masjid tertua di Kota Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Di tengah deru kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan kota Medan, para Muslim di kota ini senantiasa memegang teguh komitmen religius dalam menjalankan ibadah sholat lima waktu. Ibadah ini, lebih dari sekadar ritual rutin, merupakan kesempatan bagi jiwa untuk menemukan kedamaian dan perenungan dalam hiruk pikuk dunia yang serba cepat. Sholat merupakan kewajiban yang diamanahkan pada setiap Muslim sebagai cara menjaga hubungan dengan Sang Pencipta.

Sebagaimana tertuang dalam Alquran, Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 110:

 

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ 

Dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu akan kamu dapatkan (pahalanya) di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Menjalankan sholat tepat waktu menjadi hal yang sangat penting bagi umat Islam. Berikut adalah jadwal sholat untuk wilayah Medan pada tanggal 24 Oktober 2024, berdasarkan Zona Waktu Indonesia Barat (WIB):

- Shubuh: 04:53

- Dzuhur: 12:12

- Ashar: 15:32

- Maghrib: 18:13

- Isya: 19:22

Sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, sholat memberikan momen bagi individu untuk merenung, memohon ampun, dan mendapatkan bimbingan Ilahi dalam hidup mereka. Bagi sebagian orang, juga menjadi pengingat akan nilai-nilai kebaikan dan tanggung jawab sosial yang melandasi kehidupan sehari-hari. Sholat, selain sebagai ibadah pribadi, juga menjadi bentuk ibadah sosial yang mempersatukan umat dalam kebersamaan dan kekuatan doa.

Di tengah perkembangan kota Medan yang pesat, mempertahankan disiplin sholat lima waktu di tengah kesibukan bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, bagi mereka yang berusaha, sholat adalah oase di tengah gurun kesibukan, yang menghadirkan ketenangan dan kebijaksanaan.

Sebagai penutup, kedamaian dan ketenangan yang diraih melalui sholat diharapkan dapat memancarkan energi positif, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang-orang di sekeliling kita. Dengan demikian, jadwal sholat bukan sekadar pengingat waktu, tetapi juga menjadi cahaya penerang yang menuntun kehidupan seorang Muslim ke arah yang lebih baik dan lebih berarti.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement