REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital saat ini, media sosial bukan hanya tempat bersosialisasi, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang sangat efektif bagi bisnis, termasuk bagi mahasiswa yang ingin memulai usaha.
Dengan strategi yang tepat, social media marketing (SMM) dapat membantu meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan, hingga meningkatkan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Menurut Maruloh, kepala Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC), mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan pebisnis pemula harus memahami bagaimana memanfaatkan media sosial untuk membangun brand mereka sejak dini.
Mengapa Social Media Marketing Penting untuk Bisnis?
Menurut NEC, berikut adalah beberapa alasan mengapa media sosial menjadi kunci sukses pemasaran bisnis di era digital:
1.Jangkauan Luas
Platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan LinkedIn memungkinkan bisnis menjangkau audiens global.
2.Biaya Terjangkau
Dibandingkan iklan konvensional, pemasaran melalui media sosial bisa dilakukan dengan anggaran kecil bahkan gratis.
3.Meningkatkan Brand Awareness
Konsistensi dalam membangun konten membuat bisnis lebih mudah dikenali oleh calon pelanggan.
4.Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan
Komunikasi langsung melalui komentar, pesan, dan ulasan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
5.Analisis Performa yang Mudah
Tools seperti Meta Business Suite dan Google Analytics membantu mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran.
“Agar pemasaran di media sosial berjalan efektif, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh mahasiswa dan pelaku usaha,’’ jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Kamis (29/5/2025).
Di antaranya, kata dia, pilih platform yang tepat, buat konten yang menarik dan konsisten, gunakan hashtag dan tren yang relevan, manfaatkan influencer marketing, gunakan iklan berbayar secara efektif.
Selain itu, bangun interaksi dengan followers dan lakukan evaluasi dan analisis performa. Ia menegaskan, media sosial merupakan senjata ampuh bagi mahasiswa dan pelaku usaha muda untuk mempromosikan bisnis mereka dengan cara kreatif dan hemat biaya.
Dengan strategi yang tepat, bisnis dapat berkembang pesat bahkan tanpa modal besar. NEC selalu siap mendukung dan membimbing mahasiswa agar bisa memanfaatkan social media marketing secara maksimal.
“Social media marketing menjadi strategi yang wajib dikuasai mahasiswa dan pelaku bisnis di era digital. Dengan memilih platform yang tepat, membuat konten menarik, menggunakan strategi pemasaran yang sesuai, serta menganalisis performa, bisnis dapat tumbuh dengan cepat,” ungkapnya.
Bagi mahasiswa UNM yang ingin memulai bisnis, Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) menyediakan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usaha berbasis digital.