Jumat 11 Apr 2014 22:58 WIB

Dorong Pengembang Lokal Telkomsel Siapkan Portal Temandev

Red: Taufik Rachman
Teman Developer
Teman Developer

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel optimistik dengan pertumbuhan layanan digital lifestyle. Operator seluler terbesar ini juga terus mendorong pengembang aplikasi lokal untuk bisa berjaya di pasar digital lifestyle.

''Kami akan terus mendorong lahirnya aplikasi aplikasi lokal yang bisa mengisi kebutuhan di dalam negeri. Kalau lokal mampu kenapa harus produk global,'' kata VP Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu.

Menurut Marina saat ini sudah ada sekitar 90 aplikasi lokal/nasional yang dijajakan Telkomsel melalui Zona Seru. Zona Zeru adalah store yang dikembangkan Telkomsel dengan konsep store in store. Pelanggan bisa membeli aplikasi itu dengan pulsa.

Aplikasi yang tersedia, kata Marina, cukup menarik perhatian pelanggan Telkomsel. Ada 500-an ribu hit untuk aplikasi lokal yang dipasang di Zona Seru. Ia berharap pengembang lokal mampu menciptakan aplikasi setara dengan PicMic yang telah diunduh lebih dari 10 juta.

Untuk mendorong lahirnya karya-karya lokal, Marina menyatakan pihaknya berposisi sebagai akselerator. Tak hanya mengenalkan karya mereka untuk pelanggan Telkomsel, karya para pengembang juga akan dibawa ke kancah regional melalui SingtelGroup.

Untuk mendukung langkah itu dikembangkan Temendev suatu portal web yang dikembangkan untuk para developer. Melalui web ini pengembang bisa melakukan ujicoba application protocol interface yang disediakan Telkomsel seperti digital ads atau pembayaran melalui potong pulsa.

''Kami juga menyediakan fasilita showcase untuk para pengembang,'' papar Marina. Telkomsel, kata Marina, juga memberi dukungan penuh bagi promosi aplikasi untuk para pengembang yang bergabung di Temandev.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement