Sabtu 20 May 2017 18:18 WIB

Google Rilis Detail Baru Android O

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri
Android O
Foto: Google
Android O

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Google telah merilis sejumlah detail teknis yang terdapat di dalam sistem operasi Android O. Namun, versi Android teranyar ini baru bisa dilepas ke konsumen pada akhir tahun ini.

Ada sejumlah pengembangan terbaru dalam Android O dibanding versi android sebelumnya. Wakil Presiden Pengembangan Android, Dave Burke, menyebut Android O dengan sebutan 'Pengalaman yang Sangat Cair'. Hal ini tidak terlepas dari berbagai fitur unggulan Android O. Fitur-fitur ini dianggap memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk melakukan dua atau tiga task sekaligus.

Fitur unggulan Androi O antara lain, picture in picture. Lewat fitur ini, pengguna dapat menonton video sambil melakukan aktivitas lain di smartphone, seperti menulis pesan atau menulis email. ''Anda bisa menonton video instruksional sembari mencatatnya di notes, atau Anda dapat mencari tempat di peta sambil mencari informasi lain tentang tempat itu di browser,'' tutur Burke seperti dikutip dari laman Mashable, Jumat (19/5).

Selain itu, pengembangan juga dilakukan di aspek notifikasi. Jika sebelumnya, Anda harus masuk ke dalam sebuah aplikasi, setelah mendapatkan informasi lewat notifikasi. Namun, kini Anda bisa langsung melihat isi notifikasi secara lengkap. ''Cukup dengan menekan notifikasi cukup lama, Anda dapat mengetahui secara lengkap isi notifikasi Anda. Notifikasi akan memberitahu aktivitas yang ada di sebuah aplikasi,'' kata Burke.

Pengembangan lain adalah, Android O memberikan kemudahan pada para penggunanya untuk membuat akun baru di sebuah media sosial atau imel. Saat membuat akun baru, Anda tidak perlu lagi memasukan data pribadi, jika Anda sudah terlebih dahulu memasukan data pribadi saat membuat akun.

Untuk menikmati berbagai kemudahan di Android O ini, konsumen memang masih harus menunggu hingga akhir tahun. Namun, para pengembang atau produsen smartphone sudah bisa melakukan riset awal terhadap Android versi terbaru tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement